Seni Budaya: Seni Rupa Yunani & Romawi

by - September 17, 2017

KELOMPOK 4
1.                        Abdurrahman Al-Haddar (1)
2.                        Aniza Sajzadina Muttaqien (4)
3.                        Desi Mawardah Putri (8)
4.                        Fiki Rahmana (12)
5.                        Fina Sarah Adhari (13)
6.                        Gallant Firdause (14)
7.                        Khairil Alfandi (15)
8.                        Suci Sulistiani (27)

1.                        SEJARAH  ROMAWI
Kekaisaran Romawi  adalah sebuah entitas politik yang pernah berkuasa di Italia saat ini dengan Roma sebagai pusat pemerintahannya. Walaupun kota Roma telah berdiri sejak tahun 753 SM, perlu waktu 500 tahun bagi pemerintah Romawi untuk meneguhkan kekuasaannya hingga melewati semenanjung Italia.
Dalam proses memperluas kekuasaannya, Romawi berbenturan dengan Kartago (pemerintahan yang didirikan tahun 814 SM oleh bangsa Fenisia). Akibatnya, keduanya berperang dalam sebuah peperangan yang disebut Perang Punic (264-241 SM). Perang ini berakhir dengan direbutnya kota Kartago oleh Romawi pada tahun 146 SM, yang menandai permulaan dari dominasi pemerintahan Romawi di Eropa, yang terus berkuasa dengan kekuasaan tertinggi selama enam abad berikutnya.
2.                        SEJARAH  YUNANI
Yunani kuno tidak diragukan lagi merupakan salah satu peradaban paling berpengaruh dalam sejarah umat manusia. Dari daerah yang terletak di ujung semenanjung Balkan ini, tercipta dan berkembang berbagai hal penting, misalnya demokrasi, alfabet, filsafat, teater, dan ilmu pasti.Yunani kuno berlangsung dari periode Arkhaik, pada abad 8-6 SM, hingga tahun 146 SM ketika Romawi menaklukan Yunani setelah Pertempuran Korinthos. Pusat dari periode ini disebut Yunani Klasik, yang berlangsung dari abad 5-4 SM, dan diawali oleh keberhasilan Yunani, dengan dipimpin oleh kota Athena, dalam memukul mundur serangan dari Persia. Zaman Emas Athena berakhir setelah Sparta mampu mengalahkan Athena dalam Perang Peloloponnesos. Perang Peloponnesos (431-404 SM) antara Sparta dan Athena, beserta sekutu masing-masing, amat sangat melemahkan kekuatan kolektif Yunani, dan pada 336 SM, hampir semua negara-kota di Yunani berada di bawah kekuasaan Makedonia.
3.                        PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN ROMAWI
·  Seni Patung, Dalam perkembangan seni patung Romawi Kuno banyak menghasilkan patung-patung potret para tokoh dalam ukuran dada ataupun satu figur penuh. Seni patung potret ini benar-benar sangat individual sifatnya, realistik dan ekspresif, walaupun kemudian pada akhir abad ke I M pembuatan patung-patung potret para kaisar yang memerintah Romawi ikut menentukan pembuatan patung-patung potret harus indealistik serta digayakan.
·  Seni Relief, Seni relief cukup maju dengan penemuan-enemuan barunya yaitu dengan pengungkapan ceritra-ceritra adegan sejarah dalam bentuk relief. Relief-relief narative muncul pada gapura-gapura kemenangan, tiang-tiang dan altra-altra monumental. Relief-relief ini dipajang dengan memperhitungkan kontras keruangan dengan akurat dan kecermatan tinggi pada figur-figurnya. Di lain pihak muncul panel-panel relief yang dikerjakan secara pictorial dengan pemandangan yang realistik atau latar belakang lainnya yang dikerjakan dengan cermat, serius dan mendetail seperti halnya bila mengerjakan latar depan.
·  Seni Lukis Dinding, Berkembang dengan perlahan namun pasti, seni lukis dinding mulai merubah teknik visualisasinya dari bentuk-bentuk yang datar menuju pada bentuk-bentuk yang mengandung perspektif artektural, serta bentuk-bentuk yang digunakan dapat menciptakan ilusi-ilusi kedalaman. Sinar juga digunakan untuk menciptakan ilusi-ilusi namun nampaknya masih digunakan tanpa menggunakan sistim maupun studi terlebih dahulu, walaupun hanya pada sebuah lukisan tunggal.
·  Lukisan Panel, Dalam masa ini juga sudah dibuat dan juga seperti halnya seni patung, kebanyakan lukisan Romawi Kuno hanya meng-copy karya-karya lukisan Yunani Kuno saja.
·  Seni Arsitektur, Arsitektur romawi meliputi gaya bangunan yang berkembang di Italy antara kurun waktu tahun 100 SM sampai pertengahan tahun 400M, dan merupakan suatu gaya bangunan kuno yang paling penting, tidak hanya dari segi keagunganya saja, namun juga pengaruhnya dalam waktu-waktu selanjutnya.

4.                        PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN YUNANI
·  Seni Arsitektur Arsitektur meliputi rumah, bangunan suci seperti kuil dan makam, bangunan umum seperti dinding kota, teater, stadion, dan stoa. Bangunan tertua yang dibangun di Yunani, tepatnya pada Zaman Batu Baru, adalah rumah atau gubuk kecil, dan dinding kayu di sekelilingnya untuk perlindungan. Kemudian, dibangun rumah yang lebih besar, dan dinding batu di sekeliling desa.
·  Seni Patung Patung meliputi figurin, arca, relief, dan batu nisan.
Tidak banyak patung Yunani yang masih ada pada masa modern. Pada Abad pertengahan, patung-patung Yunani kurang dihargai, sehingga banyak patung Yunani kuno yang dibakar untuk kemudian dijadikan bahan bangunan. Di banyak situs arkeologi besar Yunani, terdapat tempat pembakaran kapur Abad Pertengahan, yang dulu digunakan untuk membakar patung Yunani kuno.
·  Seni lukis Tidak banyak lukisan Yunani dari periode Klasik yang masih ada pada masa kini, sebagian besar lukisan Yunani yang masih bertahan berasal dari Zaman Perunggu. Lukisan Yunani kuno dilukis di dinding, sebagai dekorasi ruangan, seperti mural atau kertas dinding. Lukisan-lukisan terawal dibuat oleh kebudayaan Minoa di pulau Kreta. Orang-orang Minoa menghiasi istana para penguasa mereka dengan lukisan. Lukisan orang Minoa tidak digantung di dinding, melainkan langsung dilukis pada dinding. Lukisan jenis ini disebut juga fresko. Lukisan-lukisan lainnya, yang berasal dari masa yang sama, ditemukan di pulau Thera (disebut juga Santorini), yang terletak di tengah-tengah Laut Aigeia di antara pulau Kreta dan Yunani.
·  Tembikar (gerabah) Sebagian besar seni Yunani kuno diketahui pada masa kini dari gambar-gambar yang dilukis pada tembikar. Gaya lukis pada tembikar Yunani berubah-ubah seiring waktu, mulai dari Zaman Batu hingga periode Hellenistik. Salah satu pembagian periode gaya tembikar Yunani kuno adalah sebagai berikut:
  Tembikar Zaman Batu
  Tembikar Zaman Perunggu Awal
  Tembikar Zaman Perunggu Akhir
  Tembikar Zaman Kegelapan (Sub-Mykenai)
  Tembikar Geometris
  Tembikar Figur Hitam
5.                        PERBEDAAN KEBUDAYAAN ROMAWI YUNANI DENGAN BUDAYA MODERN
Orang yunani lebih menekankan kepada teori dan materi dan kurang dengan praktiknya sedangkan  Orang Romawi senang menciptakan sesuatu secara besar-besaran karena mereka suka sesuatu yang megah, mewah, dan monumental, serta menarik perhatian. Semua hasil karya budaya terutama karya seni rupa, baik berupa seni bangunan, seni patung atau relief, maupun seni lukisnya dibuat serba besar, megah, dan penuh hiasan. Orang-orang Romawi menciptakan karya teknik bangunan yang menggumkan, seperti bangunan saluran air , jembatan, gedung besar untuk balai pertemuan dan pasar, bangunan untuk olahraga dan pentas seni (thermen, theater, amphitheater). Selain bangunan diatas, juga terdapat banguan kuil untuk persemayam dewa. Orang Romawi melanjutkan pengetahuan orang Yunani antara lain bangunan dengan kontruksi lengkung untuk membuat ruangan-ruangan menjadi luas.
Kehebatan bangsa Romawi dibandingkan dengan Yunani dalam seni bangunan adalah Sistem beton.Contohnya : Peninggalan bangunan keagamaan yang memiliki kesamaan fungsi untuk pemujaan di Yunani adalah : kuil Partenon dan di Romawi  adalah Pantheon
Negarawan Yunani dan Romawi yang mengembangkan hukum adalah Yunani yaitu Solon dan Perikles, sedangkan Romawi  yaitu Yustinianus.
6.                        Kesimpulan
   Dilihat dari hasil – hasil kebudayaan masyarakat Romawi, dapat kita simpulkan bahwa kebudayaan Romawi banyak menjiplak kebudayaan Yunani. Seperti contohnya dalam seni lukis, dan seni arsitektur.


(Power Point) Seni Budaya: Seni Rupa Yunani & Romawi
Dapat dilihat dan didownload disini

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cara download:
1. Klik tulisan 'disini' di atas
2. Silang laman yang tidak perlu, tunggu loading sebentar
3. Tekan 'Skip Ad'
4. Download file drive di tanda unduh (panah ke bawah ↓) di pojok kanan atas laman google drive
5. Selesai, tinggal cek di folder download

❤❤❤ 

You May Also Like

0 comment

What do you think about this post?