Qur'an Hadits: Surah al-Furqan Ayat 45-50

by - September 11, 2017


Ayat 45 dan Terjemahannya
(45) عَلَيْهِ دَلِيلًا    أَلَمْ تَرَ إِلَى رَبِّكَ كَيْفَ مَدَّ الظِّلَّ وَلَوْ شَاءَ لَجَعَلَهُ سَاكِنًا ثُمَّ جَعَلْنَا الشَّمْسَ
Tidaklah engkau memperhatikan (penciptaan) Tuhanmu, bagaimana Dia memanjangkan (dan memendekkan) bayang-bayang; dan sekiranya Dia menghendaki, niscaya Dia jadikannya (bayang-bayang itu) tetap, kemudian Kami jadikan matahari sebagai petunjuk.
Ayat 46 dan Terjemahannya
ثُمَّ قَبَضْنَاهُ إِلَيْنَا قَبْضًا يَسِيرًا (46)       
             Kemudian Kami menariknya (bayang-bayang itu) kepada Kami sedikit demi sedikit.
Penjelasan Ayat 45 dan 46
Pada ayat 45 dan 46, Allah memerintahkan kepada Rasulullah supaya memperhatikan ciptaan-Nya. Bagaimana Dia memanjangkan dan memendekkan bayang-bayang dari tiap-tiap benda yang terkena sinar matahari. Kalau Allah menghendaki, niscaya Dia menjadikan bayang-bayang itu tetap, tidak berpindah-pindah. Allah membiarkan bayang-bayang itu memanjang atau memendek untuk dipergunakan manusia mengukur waktu. Jadi, jelas sekali bahwa menurut ayat ini, Allah SWT., menjadikan matahari sebagai petunjuk atas bayang-bayang itu. Kemudian, bayang-bayang itu hilang dengan perlahan-lahan sesuai dengan terbenamnya matahari sedikit demi sedikit.
Ayat 47 dan Terjemahannya
وَهُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ لِبَاسًا وَالنَّوْمَ سُبَاتًا وَجَعَلَ النَّهَارَ نُشُورًا (47)
             Dan Dialah yang menjadikan malam untukmu (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangkit berusaha.
Penjelasan ayat 47
             Pada ayat 47, Allah menyebutkan kekuasaan-Nya menjadikan malam itu seperti manfaatnya pakaian yang menutupi badan dan tidur seperti mati. Seseorang pada waktu tidur, tidak sadar sama sekali dan anggota badannya terhenti bekerja. Dengan demikian ia mendapat istirahat yang sempurna.
Ayat 48 dan Terjemahannya
وَهُوَ الَّذِي أَرْسَلَ الرِّيَاحَ بُشْرًا بَيْنَ يَدَيْ رَحْمَتِهِ وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً طَهُورًا (48)
             Dan Dialah yang meniupkan angi (sebagai) pembawa kabr gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan) ; dan Kami turunkan dari langit air yang sangat bersih,
Penjelasan ayat 48
             Pada ayat 48, Allah menegaskan bahwa Dia yang meniupkan angin sebagai pembawa kabar berita, terutama bagi para petani. Tiupan angin ini menandakan sudah dekatnya hujan sebagai rahmat Allah. Allah menurunkan air hujan yang amat bersih. Air hujan itu dapat membersihkan badan dan pakaian, terutama untuk minuman serta keperluan lainnya, seperti pertanian.
Ayat 49 dan Terjemahannya
لِنُحْيِيَ بِهِ بَلْدَةً مَيْتًا وَنُسْقِيَهُ مِمَّا خَلَقْنَا أَنْعَامًا وَأَنَاسِيَّ كَثِيرًا (49)
    Agar (dengan air itu) Kami menghidupkan negeri yang mati (tandus),dan kami memberi minum kepada sebagian apa yang kami ciptakan(berupa)hewan-hewan ternak dan manusia yang banyak.
Ayat 50 dan terjemahannya
                             (50) وَلَقَدْ صَرَّفْنَاهُ بَيْنَهُمْ لِيَذَّكَّرُوا فَأَبَى أَكْثَرُ النَّاسِ إِلَّا كُفُورًا Dan sungguh,kami telah mempergilirkan(hujan) itu diantara mereka agar mengambil pelajaran;bahkan mereka mengingkari(nikmat). (Q.S. al-Furqan/25:45-50)
Penjelasan ayat 49
¨  Pada ayat 49,A;;ah menerangkan bahwa hujan adalah untuk menyuburkan negeri-negeri atau tanah yang mati,tandus,dan sudah lama menunggu-nunggu turunnya hujan.Allah memberi minum dengan air hujan binatang-binatang ternak dan manusia serta tumbuh-tumbuhan.
Penjelasan ayat 50
¨  Pada ayat 50,Allah menjelaskan bahwa dia telah mengatur turunnya hujan itu secara bergiliran di antara manusia. Hujan itu sebagai rahmat yang harus disyukuri.Dengan hujan,bumi yang kering dapat subur kembali dan menumbuhkan berbagai tanaman. Semua itu adalah untuk kepentingan manusia.

(Power Point) Qur'an Hadits: Surah al-Furqan Ayat 45-50
Dapat dilihat dan didownload disini

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cara download:
1. Klik tulisan 'disini' di atas
2. Silang laman yang tidak perlu, tunggu loading sebentar
3. Tekan 'Skip Ad'
4. Download file drive di tanda unduh (panah ke bawah ↓) di pojok kanan atas laman google drive
5. Selesai, tinggal cek di folder download

❤❤❤ 
Fina Sarah Adhari
Ig: finasaadha

Twitter: finasaraha_13

You May Also Like

0 comment

What do you think about this post?