BASIS SOSEK 2017 - HIMASEPTA FAPERTA UNRAM

by - September 18, 2017


Fina mau cerita lagi tentang kegiatan yang fina ikuti kemarin ini, jadi fina memutuskan untuk ikut organisasi HIMASEPTA (Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian) yaitu mahasiswa jurusan agribisnis pagi, nah sebagai kegiatan untuk merekrut dan pengukuhan anggota baru diadakanlah Basis SOSEK (Dasar Sosial Ekonomi) atau bisa juga dibilang makrab (malam keakraban) sih.
Acara Basis ini mengambil tema 'Pucuk Harapan Baru Himasepta Yang Bersatu Padu'. Acara indoor diadakan seminggu sebelum acara outdoor, jadi tanggal 10 September 2017 kita berkumpul di aula gedung e, acaranya juga dihadiri Ketua Jurusan, Ketua Prodi, dan Pembina Himasepta. Acara juga diisi materi-materi tentang himasepta, popmasepi, pentingnya organisasi, dan etika dalam berorganisasi. Tugasnya buat resume dari materi yang sudah dijelaskan dan dikumpulinnya saat acara outdoor yaitu tanggal 16-17 September 2017 di Bumi Perkemahan Gunung Jae, Desa Sedau, Narmada.


Kita juga ditugasin buat cetak foto kita di lampu merah atau di pasar, dan fina fotonya di lampu merah aja😂

Tanggal 16 September kita kumpul di fakultas jam 8 pagi, fina masuk kelompok 6, nama kelompoknya 'Ulat', dan warna slayernya kuning.
Sesampainya di tempat kemah, kita ngumpulin barang berharga (hp, emas, dll), trus barang-barang yang disuruh bawa juga dikumpulin, parahnya jajan kita juga disuruh kumpulin😖 setelah itu kita presentasi resume, main game, dan makan siang (makan siangnya begibung pake nare, porsinya banyak banget, kita semua kekenyangan😜)

Resume dari penyampaian materi indoor:
Himasepta merupakan wadah seluruh mahasiswa jurusan sosial ekonomi pertanian unram yang terbentuk pada 27 November 1992 dan bertujuan untuk menghimpun potensi, aktivasi, ide, dan kreativitas mahasiswa.
Lambang himasepta terdiri dari berbagai macam bentuk dan makna yaitu segitiga bermakna 3 prodi di jurusan sosial ekonomi (pp, pkp, agribisnis); lingkaran yang bermakna persatuan & kesatuan; bintang bermakna pembatas & ketuhanan (toleransi antar agama, sama halnya dengan lambang bintang di Pancasila); lumbung melambangkan ketahanan pangan; lotus melambangkan ilmu pengetahuan; kerangka tulang sebanyak 27 melambangkan tanggal terbentuknya himasepta;  bambu melambangkan memberi manfaat yang banyak dan luas; cemara melambangkan identitas diri dalam himasepta; sementara itu makna warna tulisan pada lambang himasepta adalah biru melambangkan lautan yang luas; dan warna putih melambangkan kesucian.
Struktur organisasi himasepta terdiri atas DPO (Dewan Pertimbangan Organisasi) sebagai penasehat; ketua umum; sekretaris; bendahara; bidang menegerial dan organisasi; bidang penalaran dan pengabdian; bidang dana usaha, minat, dan kegemaran.
Beberapa contoh program kerja himasepta diantaranya basis sosek, lkkm, mujur, dan belajar bersama menjelang uts.
Selain himasepta, terdapat organisasi jurusan sosial ekonomi pertanian tingkat nasional yang bernama POPMASEPI (Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian) yang berdiri sejak 28 September 1990. Popmasepi merupakan satu-satunya organisasi mahasiswa agribisnis atau sosial ekonomi pertanian seindonesia yang telah terbentuk dan menaungi semua organisasi profesi mahasiswa agribisnis atau sosial ekonomi pertanian di Indonesia.
Dalam berorganisasi perlu memiliki etika sebagai pola bahasa dan interaksi serta rutinitas kehidupan organisasi yang bersifat dinamis, berkesinambungan, dan terlihat pada sistem nilai kolektif. Komunikasi dalam organisasi sebagai alat untuk membangun standar dan tradisi akan sesuatu yang baik, diinginkan dan pantas, mulai dari kejujuran, dan kebenaran. Selain beretika, dalam organisasi juga diperlukan moral dan tanggung jawab.
Pada organisasi pengambilan keputusan adalah hal yang sangat penting karena menyangkut koordinasi dan pengendalian aktivitas. Selain itu, strategi akuntabilitas juga penting, yaitu memberi maaf atau pun mengaku salah.

Setelah itu kita bedah buku POPMASEPI yang disusun sama mahasiswa agribisnis seluruh Indonesia untuk menyelesaikan masalah pertanian, jadi di dalam buku itu, kita dikasi permasalahan dan solusinya. Setelah bedah buku, kita banyak main game, sedotan karet, kelereng bambu, sampe main jaga lilin di sungai sambil dilempar orang-orang (parahnya disini fina aja yang dilempar air sama orang-orang, jadi fina basah kuyup dan temen yang lain nggak😭), trus main game masukin air ke dalam pipa yang ada bolongannya sampe keluar bola plastik di dalemnya, dannn kita menang hahaha.


Abis basah-basahan kita ganti baju, btw cuci muka dan sikat gigi di sungai itu juga yak😤 trus solat yasinan solat, trus perkenalan sama kepanitiaan dan pentas seni dari masing-masing kelompok, tapi karena peserta udah kayak gaada yang merhatiin gitu karena ngantuk jadi disuruh tidur deh walaupun baru 3 kelompok yang tampil.

Fina jelas ga bisa tidur nyenyak, jadi fina bangun tidur bangun tidur bangun, anak yang lain malah sampe ngigau 'hh jangan', 'nggak', segala macem di igauin. Trus fina juga denger kakak-kakak panitia yang ngomongin tentang jurit nanti, trus fina denger pada bilang 'ayok dah kapan kita bangunin' fina langsung duduk trus perbaiki jilbab, pake id card sama slayer, udah rapi hahaha baru deh kakak-kakak ngebangunin kita dan temen-temen pada masih ga rela bangun.

Ada satu hal yang bikin fina bahagiaaa banget, yaitu ngeliat langit yang dipenuhi sama bintang-bintang. Ini gambar dari google bukan yang fina liat kemarin, fina memang sering liat bintang dari rumah, sering juga liat bintang tengah malem waktu ada acara kayak gini di sekolah dulu, tapi fina pingin liat bintang kayak yang keliatan dari gunung gitu, bintangnya banyaaak banget, dannn fina ngeliat yang hampir kayak gitu kemarin. Jadi selama jurit, jalan bareng sama temen-temen satu kelompok, fina sambil liatin bintang, rasanya pingin bawa pulang trus taruh di kamar, hwahahaha.


Setelah jurit, solat, esq dari kak Ari, senam pagi, btw gajadi bakar api unggun deh ga ngerti kenapa, trus lanjut lomba yel-yel, dan pentas seni kelompok. Ada juga penampilan dari kakak-kakak paduan suara himasepta, trus kita upacara penutupan sekaligus pengukuhan kita deh, sambil salamin kakak-kakak satu-satu hihihi.

Setelah itu, foto bareng, dan duduk sampe bosen nungguin mobil alias truknya dateng.

Anggota kelompok 6 (Ulat Kuning): Daniel, Genter, Bintang, Fina, Lulu, Maulida, Mira, Rizta, Samu dan yang gak ikut outdoor Defi sama Jamil. Kita dibimbing sama kakak cantik Sania dan kakak ganteng Fajar.

Ini Kakak Eqi ikutan foto (pinggir kanan)

Ulat Kuning! Semangat Sampai Puncak!
Ulat Kuning! Semangat Sampai Puncak!
Ulat Kuning! Pucuk Pucuk Pucuk!
Duduk-duduk nungguin truknyah.

Btw, kakak ketua umum himasepta alias kak ardian ulang tahun kemarin, jadi kakak-kakak yang lain bawain kue deh, trus kak ardiannya disiramin sampe baju pdhnya basah, hahaha.

Btw kalo acara gini, muka tetep kucel kumel gitu ya😄


Bravo Himasepta! Sativa!
Bravo Himasepta! Sativa!
Bravo Himasepta! Sativa!
Kita bisa Semua bisa Pasti bisa! Bisa Bisa Bisa!



You May Also Like

0 comment

What do you think about this post?