Seni Budaya: Seni Rupa Kebudayaan Cina Kuno

by - September 13, 2017

SEJARAH CHINA
             Pengaruh-pengaruh kebudayaan dan politik dari banyak bahagian di Asia membawa gelombang-gelombang penghijrahan, peluasan, dan asimilasi yang berturut-turut untuk mencipta sebuah kebudayaan Cina.
             Makam Kaisar Tiongkok, Qin Shi Huang disebut-sebut sebagai salah satu penemuan arkeologi terbesar abad-20. Qin Shi Huang adalah kaisar pertama Dinasti Qin yang memimpin Tiongkok pada periode 221 SM-210 SM.
            
SENI RUPA MODERN DAN KONTEMPORER NEGARA CHINA
   Ciri-ciri seni modern:
Ø   Berdasarkan konsep penciptaannya tetap berbasis pada sebuah filosofi tetapi jangkauan penjabaran visualisasinya tidak terbatas.
Ø   Tidak terikat pada pakem-pakem tertentu.
   Ciri-ciri seni kontemporer Cina :
Ø   Tidak terikat oleh aturan-aturan zaman dahulu dan berkembang sesuai zaman.
Ø   Tidak adanya sekat antara berbagai disiplin seni atau meleburnya batas-batas antara seni lukis, patung, grafis, kriya, teater, tari, music, hingga aksi politik.
KEBANGKITAN SENI RUPA CHINA
Seni rupa china identik dengan kaligrafi dan pemandangan alam yang digoreskan dengan tinta diatas kertas tipis. Asal mula kebangkitan seni rupa china pergelaran yang berlangsung 5 November 2007- 17 Februari 2008 itu menampilkan puluhan karya dari 28 seniman dan 2 kelompok seniman masa itu. Beberapa diantara mereka cukup terkenal, seperti Gu Wenda, Wang Guangyi, Zhang Peili dll.
SEJARAH SENI LUKIS CHINA 
             Seni lukis Tiongkok kebanykan adalah lukisan dinding untuk mempropagandakan tata susila dan menyatakan penghargaan kepada pejabat yang berjasa.
SENI KALIGRAFI NEGARA CINA KUNO
Masyarakat Cina kuno telah mengenal tulisan sejak 1500 SM yang ditulis pada kulit penyu atau bambu. Pada awalnya huruf Cina yang dibuat sangat sederhana, yaitu satu lambang untuk satu pengertian. Pada masa pemerintahan Dinasti Han, seni sastra Cina kuno berkembang pesat seiring dengan ditemukannya kertas.
SENI ARSITEKTUR CINA KUNO
Arsitektur Cina mengacu pada suatu gaya arsitektur yang telah menjelma dan terwujudkan di Asia dalam berabad-abad yang lalu. Prinsip struktral dari Arsitektur Cina sudah tinggal dan bertahan sebagian besar tanpa perubahan, perubahan yang utama yang sedang hanya detil yang menghias. Karena sejak Dinasti Tang, Arsitektur Cina pasti mempunyai suatu pengaruh utama pada gaya Arsitektur Jepang, Korea, Taiwan dan Vietnam.
PENGGOLONGAN STRUKTUR
Penggolongan Cina untuk arsitektur meliputi:
• lou ( Multistory bangunan)
• tai ( teras)
• ting ( paviliun)
• ge (Two-Story paviliun)
• ta ( Pagoda Cina)
• xuan (beranda dengan Jendela)
• xie ( Paviliun atau rumah teras)
• wu (Ruang sepanjang koridor)
ARSITEKTUR KERAJAAN
Kuil Surga, bagaimanapun, menggunakan pekerjaan ubin atap biru untuk menandakan langit. Kolom Kaku Kayu dari bangunan, seperti halnya permukaan dari dinding, cenderung di cat merah di dalam warna.
   Ukiran Sembilan Naga Di Dinding
Ular naga Cina, suatu simbol lencana yang disediakan dalam rejim kerajaan, berat dan digunakan pada arsitektur kerajaan letaknya pada atap, pada balok dan tiang, dan pada pintu.
ARSITEKTUR AGAMA
Longhua Pagoda di Shanghai, di bangun pada zaman tiga kerajaan.
Kuil longhua adalah suatu Kuil Budha yang dipersembahkan kepada Buddha Materiya terletak di Kotamadya, Negeri China. Walaupun kebanyakan dari sekarang ini bangunannya direnovasi, kuil tetap memelihara yang secara perancangan arsitekturalnya keaslian suatu biara dari Sekte China tersebut.Kuil ini adalah yang paling besar, yang paling asli dan kuil jaman kuno lengkap yang kompleks di kota Shanghai.
SENI PATUNG NEGARA CHINA
·                Patung Raksasa Termegah Di Dunia ke 2 adalah Huangdi Yandi. Patung raksasa dari China ini memiliki Tinggi 103 meter.
·                Patung Raksasa Termegah Di Dunia ke-7 adalah Buddha,yang bersal dari Negara China dengan Tinggi 71 meter dan Dibangun dari tahun 713 sampai 803 Masehi.



(Power Point) Seni Budaya: Seni Rupa Kebudayaan Cina Kuno
Dapat didownload disini

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cara download:
1. Klik tulisan 'disini' di atas
2. Silang laman yang tidak perlu, tunggu loading sebentar
3. Tekan 'Skip Ad'
4. Download file drive di tanda unduh (panah ke bawah ↓) di pojok kanan atas laman google drive
5. Selesai, tinggal cek di folder download

❤❤❤ 
Fina Sarah Adhari
Ig: finasaadha
Twitter: finasaraha_13

You May Also Like

1 comment

What do you think about this post?