Contoh Naskah Drama (Teater) Singkat Durasi Kurang Dari 10 Menit

by - September 14, 2017


Pemain: BCDE: temen A | FGH: Yang jahat (musuh A) |
IJ: guru  | K: Pembaca narasi

A adalah anak baik yang suka menulis dan membaca puisi, ia telah menulis ratusan puisi di buku kesayangannya. Suatu hari A berlatih membaca puisi di kelas yang sepi, tapi saat itu juga muncul teman2 yang membenci A.

Banda Neira - Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti
Jatuh/ dan tersungkur/ di tanah aku//
Berselimut debu /sekujur tubuhku//
Panas /dan menyengat!!/
Rebah dan berkarat//
Di mana ada musim yang menunggu?//
Meranggas/ merapuh/
Berganti dan luruh/
Bayang yang berserah
Terang di ujung sana//
Yang hancur lebur/ a//kan terobati
Yang sia-sia /akan jadi makna/
Yang terus berulang... suatu saat henti/
Yang pernah jatuh/ ‘kan berdiri lagi//
Yang patah/ tumbuh,// yang hilang /berganti//

F: "ah apaan puisi kamu jelek banget" hinanya dan mengagetkan A.
Teman2 F(GH) mendukung F menghina A.
A: A-aku kan masih belajar!
F: "alaaah gausah ngeles gitu lah, siniin" sambil merebut buku puisi A. Mereka saling tarik menarik buku itu tapi sayang tenaga F lebih besar drpd A sehingga buku yg suda lecek itu berada di tangan F. F dkk pergi meninggalkan A yang menangis tersedu.
A: kenapa sih aku jadi selemah ini, buku puisi itu buku kesayanganku, portofolioku, masa depanku hiks.
Datang teman2 A.
B: A km kenapaa?
C: iya cerita dong sama kita
D: udahan nangisnya ya (sambil kasi tisu or samting)
A: aku gpp kok
E: udah gausa bohong, cerita aja ma kita
bcd: iya ayo cerita cerita
A: mmmm, tadi aku sedang latihan baca puisi tapi aku diejek sm B dkk dan buku puisiku dibawa mereka.
D: hah? Jahat banget sih mereka
C: berani2nya ya mereka
E: kita mesti samperin mereka nih
A: eh, k-kalian gausah cape2 ketemu mereka, ntar nambah masalah lagi
B: mmm yaudah deh, sementara ini kamu sabar aja ya A, nanti kita pikir lagi gimana supaya bisa ambil buku puisi kamu lagi. Sekarang kita kantin yuk panas banget disini (sambil ngipasin tangan depan muka)
C: Loh B, jam tangan kamu mana? Perasaan tadi pagi kamu pake deh
D: iya, coba cek tas kamu deh
(b pun memeriksa tasnya)
B: eh gaaadaaa
D: kayaknya waktu mau solat duha tadi, jamnya km lepas di meja deh
E: jangan-jangan kamu lupa masukin ke tas dan ada yang ngambil deh, itu kan jam mahal
A: Eh jangan suudzon gitu dong E
Cd: iyanih E gimana si km
B: uhh gimana dong ini ortuku bisa maraah
Tiba-tiba dateng guru
I: ehh ada apa ini ribut-ribut
E: ini bu, jam tangannya B hilang
I: kok bisa gitu? Udah cari ditasnya belom?
B: udah bu, tapi gaada
I: yaudah saya laporin dulu ke kepsek
Kemudian dateng IJ
J: bagaimana jam kamu bisa hilang nak, makanya kalau punya barang disimpan baik2
B: maaf pak, saya lupa tadi karna agak terburu-buru mau ke musola
J: kalau begitu kita geledah semua tas di kelas ini
Kemudian masuk FGH
G: loh pak kenapa tas kita mau digledah?
J: ini, jam tangan temanmu hilang, saya hanya ingin memastikan kalau murid kelas ini tak mengambilnya
Semua diam, I menggeledah tas satu persatu
I: loh B, ini jam tanganmu bukan?
B: Iya itu jam tangan saya bu, tapi kok…
J: tas siapa itu?
F: t-tas saya pak (kata f takut2)
E: tuhkan bener ada yang ngambil
J: berani sekali kamu F mengambil barang milik temanmu
F: saya ga sendiri pak, saya dibantu sama g dan h
Gh: ngg-nggak kok pak
C: kayaknya bener mereka deh pak, soalnya tadi mereka juga gangguin A
D: iya pak mereka tadi ngambil buku puisinya A ditambah ngejelek-jelkin karyanya A lagi
A: ehh udah2 (bisik A ke CD)
E: udah ngambil jam b, ngambil buku puisinya A lagi
J: I ambil buku puisi itu dari mereka dan bawa jam itu kemari
I: baik pak
J mengambil dari I
J: ini jammu b, ini buku puisimu A
AB: terimakasih pak
J: jadi kamu benar bisa membuat dan membca puisi A?
E: Iya pak, A ini jagonya deh
C: bener pak, puisi-puisinya bagus dan menyentuh
A hanya tersenyum
J: yasudah, nanti ke ruangan saya, saya ingin mendengarmu membaca puisi, kalau memang bagus nanti akan saya ikutkan dalam lomba yang akan datang
A: beneran pak? Iyaiya nanti saya ke ruangan bapak, makasi pak
ABCDE: bersorak senang
J: dan buat kamu FGH, kalian harus dihukum agar tidak mengulangi kesalahan kalian lagi
FGH: baik pak (muka sedih)

Dah itu aja kali ya wkwk
Naratornya bilang apa kek gitu pesan moralnya :’v


(Ms. Word) Contoh Naskah Drama (Teater) Singkat
Dapat didownload disini
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cara download:
1. Klik tulisan 'disini' di atas
2. Silang laman yang tidak perlu, tunggu loading sebentar
3. Tekan 'Skip Ad'
4. Download file drive di tanda unduh (panah ke bawah ↓) di pojok kanan atas laman google drive
5. Selesai, tinggal cek di folder download

❤❤❤ 
Fina Sarah Adhari
Ig: finasaadha
Twitter: finasaraha_13

You May Also Like

1 comment

What do you think about this post?