Tentang SNMPTN, SBMPTN, dan PKN STAN

by - January 28, 2018


    Halo, saya Fina, disini saya ingin membagikan pengalaman saya tahun lalu saat saya lagi dilema mau ngapain, kuliah dimana, jurusan apa. Perlu diingat saya bukan ahli ya, cuma mau share aja wkwk.
     Setahun lalu saya masih menjadi siswi kelas 12 MAN 2 Mataram, sudah mengisi pdss nyamain nilai raport, seminar kampus-kampus se-Indonesia dari kakak kelas sebelumnya dll.

     UN
     Jujur nih ya, saya cuma remah roti di kelas, jadi nilai saya tidak bisa diandalkan dan tidak dapat dibandingkan dengan teman yang lainnya. Alias pas-pasan lah ya, buat UN juga sebenarnya saya tidak terlalu belajar hehehe hehehe. Tapi untungnya tahun kemarin mata pelajaran yang diUNkan hanya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan mata pelajaran eksak eksak pilihan (fisika, kimia, biologi) dan saya memilih biologi. Kenapa biologi karena bagi saya itu mudah lebih mudah daripada kimia dan fisika dan saya pernah ikut pembinaan Olimpiade jadi sedikit banyak saya tahu lah tentang biologi.
Alhamdulillah Saya bisa melewati UN dengan baik, kecuali buat matematika lah ya, jujur aja nilai Matematika saya yang paling parah di SKHU, tapi kemana pun kita pergi nilai Ijazah tetep okeoke aja yak alhamdulillah.

     SNMPTN
     Untuk SNMPTN saya awalnya tidak tau harus bagaimana, karena orang tua saya tidak mengizinkan kuliah di luar. Jadi satu-satunya pilihan adalah Universitas Mataram, dan sebenernya saya ga suka eksak, rasanya pengen loncat jurusan ke soshum, tapi karena ada rasa 'ingin' langsung lulus SNMPTN jadilah saya memilih Fakultas Pertanian Jurusan Agribisnis sebagai pilihan pertama dan Fakultas Teknologi Pangan sebagai pilihan kedua. Kenapa? Karena saya suka berbisnis, saya suka tanaman, meskipun benci eksak (makanya Teknologi Pangan jadi pilihan kedua meskipun sebenernya gak minat). Jurusan yang saya minati sebenarnya adalah DKV, tapi di Lombok cuma ada di STMIK Bumi Gora dan itu swasta meskipun akreditasinya sudah B atau A tapi entah kenapa mendingan lulus SNMPTN aja deh😬
Btw, banyak banget yang ngegampangin masuk Fakultas Pertanian kayak 'pasti lulus fin', 'oh gampang masuk situ', ya emang sih tujuan utama saya supaya langsung lulus aja biar gak ribet wk, tapi kesannya kayak 'merendahkan' Fakultas Pertanian gitu lhoo, padahal kita gak bisa hidup tanpa pertanian 😓
Dan akhirnya pengumuman, saat temen-temen kelas pada deg-degan, jujur aja saya sendiri ga gitu deg-degan meskipun ya ada ngarepnya lha ya jadi pegangan. Dan yash, lulus! Alhamdulillah.

     SBMPTN
     Dulu masih inget banget temen-temen serius belajar buat SBMPTN, ada yang belajar kelompok di kelas, ikut try out nasional, try out online, segala macem try out yang diadakan berbagai pihak, ada yang beli buku aja, ada yang ikut bimbel, dan ada yang gak mempersiapkan sama sekali macam saia 😬
For sure, bisa dibilang saya gak mempersiapkan sama sekali buat SBMPTN. Padahal sejak kelas XI kakak-kakak kelas sudah memberi tahu kalau sebaiknya mempersiapkan SBMPTN saat masih di kelas XI supaya pas kelas XII gak bingung ngatur waktu buat belajar UN dan SBMPTNnya. Tapi saya emang ada niat beli buku SBMPTN dan udah minta uangnya juga, tapi dipake buat yang lain 😓 (JANGAN DICONTOH YAA) alhasil ya gitu ga belajar. Oh tapi waktu kelas XII kayaknya, ikut temen yang ngajakin 'ambil' soal SBMPTN di gudang sekolah, tapi tetep saya cuma jadiin koleksi kertas aja😂. Pernah sekali ikut try out SBMPTN dan sumpah males banget ngerjainnya+ga ngerti itu soal atau apa cuma jawab bagian tpa atau apanya gitu (?) dan biologi dan pas keluar hasilnya saya dapet 0,... berapa gitu 😂
Tapi alhamdulillah saya lulus SNMPTN, coba bayangkan kalau tidak lulus SNMPTN mau jawab apa saya di SBMPTN? Kulyah dimanaa gw😭

     PKN STAN
     Inget banget, hari itu hari sabtu, saya baru pulang sekolah, orang tua saya suruh duduk di ruang keluarga, saya belum ganti baju belum taruh tas di kamar. 'Fin, kak mia udah selesai dia kuliah di stan itu, trus sekarang tabungannya dia mau umrohkan orang tuanya' DEG air mata saya meluncur saat itu juga.
Jujur-sejujur-jujurnya, bukannya saya gak tau PKN STAN itu apa, tapi dari awal saya gaada niatan karena saya menganggap saya ini 'pekerja seni', 'i will do what i love', itulah mengapa saya pingin masuk DKV.
Dari awal kelas XII, banyak yang dateng ke sekolah ngadain try out hadiah les-lah, atau try out doang, pokoknya gitu, dan saya lebih dulu tau daripada siswa lainnya, karena dulu saya sering banyak urusan sama Wakil Kepala Sekolah bidang itu (lupa namanya bidang apa wk). Kalo ada info tentang PKN STAN pasti saya langsung kasi tau temen-temen kelas saya jadi mereka lebih dulu tau daripada siswa kelas lain. Dan saya sering ngomong 'saya ga tertarik' dan please, what my parents just say to me?
Setelah dipikir-pikir, masuk PKN STAN itu emang enak banget lah ya. Secara, langsung jadi PNS di kementrian keuangan. Umur 19-20 kamu udah megang duit jutaan. Gils. Ditambah masuk DKV tidak memungkinkan bagi saya. Jadi, yasudah, saya belajar buat PKN STAN.
You know what? Pertama kali saya ngerjain soalnya (try out mandiri) pake buku dari kak mia itu langsung dapet skor lulus (diatas batas TPA 40 soal TBI 20 soal). Saya langsung, 'whoa, my destiny!' hahaha. Rasanya seneng banget hadepin soal-soal PKN STAN, kalo ga bisa jawab langsung saya loncat aja dan tetep dapet nilai lulus. Untuk pertama kalinya saya seneng banget kerjain soal, ditambah banyak trik-trik cara cepat yang ada dimana-mana gak kayak ngerjain soal eksak, bahagia aseli, wkwk. Inilah yang membuat saya ga terlalu ngarep SNMPTN dan gak mempersiapkan SBMPTN.
Akhirnya saya ikut les di Science Society yang baru buka cabang di Lombok ambil paket yang paling murah aja wkwk. Sayangnya, mungkin karena masih baru, tutornya gak terlalu banyak membantu, tapi soal modul dan try outnya oke banget.
Dan tibalah saat tes pertama yaitu tes tulis (TPA dan TBI), btw yang ngedaftar udah sampe 140.000 orang lho. Gila gak, ngerjain soal sambil ngebayangin saingan ada 140ribu orang. Waktu ngerjain soal, jujur, banyak kata yang asing, ga kayak yang ditry out, ga kayak yang saya hafalin (yang saya hafalin malah keluar di paket lain masaaa). Tapi alhamdulillah banget-nget-nget saya lulus tes tahap satu dan bisa ikut tes kesehatan di Bali.
Nah, ini permasalahan saya, dari dulu saya ga sering olahraga, tapi belakangan saya udah coba untuk lari meskipun masih aja ga kuat lari '12 menit tanpa henti tanpa jalan', ditambah setelah tes tahap satu sebelum pengumuman saya rada menyerah karena ragu akan lulus tahap 1, dan ternyata lulus, sayangnya, tidak seperti tahun sebelumnya, tahun ini jarak tes tahap dua dengan pengumuman cuma berjarak beberapa hari saja, jadi saya berharap pas hari-H saya bisa membangkitkan semangat terdalam jiwa saya untuk lari sekuat-kuatnya selama 12 menit tanpa henti tanpa jalan, dan... ternyata saya gak bisa, saya terlalu cepat merasa lelah lalu berjalan 'gaya berlari' alias jalan cepat.
Dari situ saya tau apa yang akan terjadi selanjutnya, ya, saya tidak lulus tahap dan disitulah saya merasa sedih😭
Kalau saya jadi ikut tes PKN STAN tahun 2018 ini, doakan saya lulus ya😣
     Dari tulisan-tulisan saya yang banyak di atas kalian bisa mengambil pelajaran dari pengalaman saya, dan ini beberapa tips memasuki perguruan tinggi dari saya😚
1. Belajarlah dengan baik. Ingat! Kita sekolah untuk mendapatkan ilmu bukan hanya untuk melewati 'ujian'
2. Jangan menyerah
3. Jangan meremehkan sesuatu
4. Tetap berlatih, belajar, berdoa
5. Kalau mau lintas jurusan dan di SNMPTN tidak memungkinkan, belajarlah SBMPTN minimal sejak kelas XII (kalo bisa ikut intensif SBMPTN, karena pertarungan sebenernya bukan di UN, tapi SBMPTN)
6. Searching, carilah jurusan-jurusan baru di Indonesia biasanya jurusan baru memungkinkan lebih mudah keterima dan banyak beasiswa (biasanya kalau jurusan itu sangat dibutuhkan di indonesia)
7. Tambahin sendiri😂
8. Dan seterusnya.
9. Besok gw tambah lagi kalo udah dapet hidayah😚

You May Also Like

32 comment

  1. Kalau udah diterima snmptn yerus mau ngambil stan gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari pengalaman si biasanya pengumuman stan itu jauh setelah masuk kuliah universitas, jadi sebaiknya daftar ulang snmptn-nya. kalo lulus stan ya tinggal putuskan km mau ngambil stan atau tetep lanjut kuliah, semangat^w^)9

      Delete
  2. Kalok ambil stan ketimbang snmptn apa gak di blacklist sekolah kita kak ?

    ReplyDelete
  3. Kak kalo misalnya kita daftar snbptn. Trus mau daftar ke STAN masih bisa g kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, kamu bisa daftar sbmptn, 1 sekolah kedinasan, dan mandiri bersamaan. yatapi ntar kalo lolos semua pilih salah satu aja yaak

      Delete
  4. Jadi kalo udah SNMPTN ga bisa daftar STAN lagi kak?1

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok daftarnya, tapi kalo keterima duaduanya kan mesti pilih salah satu

      Delete
  5. Daftar stan ngambil bea cukai ya kak?

    ReplyDelete
  6. Jadi apa cerita selanjutnya kak? Kakak lulus di STAN?

    ReplyDelete
  7. Waktu itu kakak belajar otodidak? Nggak ikut bimbel? Kakak ambil jurusan apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang stan ni? kalo stan di tahun pertama ikut bimbel, tahun kedua ngga, dari situ dapat diambil pelajaran kalo lebih baik ikut bimbel supaya belajarnya lebih efektif

      Delete
  8. Kalau udah bayar uang pangkal snmptn tapi abis itu milih stan, SMA kita diblacklist gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih nggak ya, soalnya kalo udah bayar sama artinya udah daftar ulang gitu kan(?)

      Delete
  9. katanya tahun ini kalo udah keterima snmptn gabisa daftar stan kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setaukuu kalo keterima snmptn gabisa daftar sbmptn, kalo stan kurang tau yaa

      Delete
  10. Kak kalo pas tahun kakak tes ujian masuk STAN itu sekitar tanggal berapa ya? Sesudah sbmptn atau sebelumnya? Trus daftarnya juga bisa Bidikmisi ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu sebelum pengumuman snmptn dan sebelum sbmptn, kalo STAN-nya gaada bidikmisi kuliahnya gratis, kalo pas SBMPTN ya bisa aja daftar bidikmisi

      Delete
  11. Kak kalau mau nyoba stan tp ada kendala di mata langsung gugur ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Well, ga juga sih, just try it! Kalo ga gitu ga bakal tau, lagian biasanya yang masalah mata gitu ga boleh kalo di bea cukai aja, kalo dilainnya gapapa

      Delete
  12. Kak kalo misal daftar di stan itu boleh nyabang ke sekolah kedinasan lai gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kedinasan yang daftarnya di Kemenpanrb ga bisa yaa (contohnya kayak stis), kalo selain itu bisaa

      Delete
  13. Kak saya dilema bgt jdinya, ini kan msih awal semester 1 kelas 12 nih, trus di satu sisi saya mau lolos SNMPTN, but disisi lain saya juga mau ikut tes stan, trus klo SNMPTN keterima, trus beberapa bulan lagi tes stan trus keterima juga, saya lebih milih stan, trus yg saya dilemain adalah, sekolah saya apa diblacklist gra2 ngambil stan?:(

    ReplyDelete
  14. kak kan aku lulus SNMPTN tahun ini, tapi aku mau coba PKN STAN, terus misal lulus aminn, SNMPTN ku gimana kak? kalo aku lepasin berdampak gak kak untuk sekolah ku? dan juga kan pendaftaran STAN diundur☹️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kalo misal kamu udah daftar ulang SNMPTN trus selanjutnya kamu pindah ke STAN itu ga ngebuat sekolah km diblacklist yaa

      Delete
  15. Kak,klo kita udah lulus sbmptn trus mau daftar stan lagi bisa ga?

    ReplyDelete

What do you think about this post?