Teks Cerita Sejarah | Bahasa Indonesia

by - September 09, 2016


A.   Pengertian Teks Cerita Sejarah
Teks cerita sejarah adalah naskah cerita atau narasi rekaan yang mengandung unsur-unsur sejarah yang menjelaskan dan menceritakan tentang fakta dan kejadian masa lalu yang disusun secara kronologis berdasarkan urutan waktu terjadinya untuk menyampaikan suatu amanat terselubuhng kepada pembaca atau pendengar sehingga tampak seolah-olah melihat.
B.   Struktur Teks Cerita Sejarah
   1.      Abstrak adalah ringkasan atau inti cerita yang biasanya berisi pengenalan singkat tentang tempat atau tokoh. Dalam teks cerita sejarah ini abstrak bisa saja tidak ditambahkan karena bersifat opsional.
   2.      Orientasi berisi pembuka teks atau pengenalan tokoh (terutama pelaku utama) dan latar cerita (untuk mengekspresikan watak psikis dan fisik, juga menghidupkan cerita, serta meyakinkan pembaca) juga meliputi kejadian yang dialami pelaku utama.
   3.      Komplikasi berisi urutan kejadian-kejadian secara sebab akibat dimana peristiwa satu disebabkan atau menyebabkan terjadinya peristiwa lain. Komplikasi muncul akibat munculnya konflik yang ditandai dengan reaksi pelaku dalam cerita sejarah terhadap konflik.
   4.      Klimaks merupakan puncak konflik dalam sebuah teks cerita sejarah dimana konflik mencapai intensitas tertinggi.
   5.      Resolusi adalah suatu keadaan ketika konflik terpecahkan dan menemukan penyelesaiannya yang ditandai dengan upaya pengarang mengungkapkan solusi dan berbagai konflik yg dialami tokoh
   6.      Reorientasi/Koda/Amanat adalah bagian akhir dari sebuah teks cerita sejarah dimana pengarang meyuarakan pesan moral sebagai tanggapan terhadap konflik yang terjadi  atau komentar yang sifatnya pribadi mengenai kejadian atau peristiwa sejarah yang telah diceritakan yang bersifat optional.

C.   Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah
    1.      Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang secara langsung membangun sebuah teks cerita sejarah.
a.       Tema adalah ide pokok yang biasanya berupa sejarah seorang tokoh agama atau pejuang, asal mula suatu daerah, penyebaran agama, perebutan kekuasaan, dsb.
b.      Alur (Plot) adalah serangkaian peristiwa dalam cerita yang mempunyai hubungan sebab akibat. Berdasarkan waktu alur dibagi menjadi alur maju, mundur, dan campuran maju mundur.
c.       Penokohan adalah pelukisan gambaran jelas tentang seseorang dalam sebuah cerita biasanya berupa pahlawan nasional maupun tokoh penting di suatu daerah.
d.      Sudut pandang adalah cara atau pandangan yang digunakan pengarang sebagai sarana untuk menyajikan tokoh, tindakan, latar, dan berbagai peristiwa yang membentuk cerita. Dalam teks cerita sejarah biasanya menggunakan sudut pandang orang ketiga yaitu pengarang. Pengarang menyebut tokoh-tokoh dengan sebutan nama atau kata gantinya seperti ia, dia, dan mereka.
e.       Latar merupakan pijakan dalam teks cerita sejarah berupa tempat, waktu, dan lingkungan social budaya.
f.       Amanat merupakan sesuatu yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca secara implisit (tidak digambarkan dengan jelas), biasanya mengenai akhlak, budi pekerti, dan susila.
    2.      Unsur ekstrinsik adalah unsur yang secara tidak langsung memengaruhi bangunan dalam teks cerita sejarah.
a.       Rekaman kebesaran, ketinggian, dan kegemilangan pemerintah: teks cerita sejarah lahir di istana dan dikarang oleh penulis golongan istana yang mempunyai daya kreatif tinggi untuk merekam kebesaran, ketinggian dan kegemilangan pemerintahan yang dihasilkan atas perintah raja atau pemerintah yang berfungsi sebagai wadah nasihat, pengajaran, panduan, dan petunjuk kepada pemerintah dan pejabat.
b.      Dari segi corak penceritaan: teks cerita sejarah mengandung dua corak penceritaan, yaitu peristiwa berupa fakta atau peristiwa sebenarnya seperti sejarah pembukaan, penaklukan, hubungan diplomatik, kegemilangan, dan kejatuhan sebuah negara dan peristiwa bukan sejarah seperti mitos atau legenda untuk menunjukkan keistimewaan pemerintah dan juga bertujuan untuk menyindir atau mengkritik perlakuan buruk pemerintah.
c.       Unsur bias biasanya berlaku dalam teks sejarah melayu karena kebanyakan teks cerita hanya ditulis seorang sejarawan mengikuti kepentingan mereka dan sultan atau penguasa.
d.      Unsur keagamaan: dalam teks cerita sejarah unsur agama masih kuat, misalnya di inndonesia masih kental pengaruh agama islam dan hindu-budha.
e.       Unsur politik dimana biasanya terdapat konflik tentang perebutan kekuasaan atau daerah kekuasaan juga dapat berisi kisah perjuangan rakyat melawan penjajah atau rakyat melawan pemerintah yang berkuasa.
f.       Unsur ekonomi: menceritakan kehidupan ekonomi pada zaman itu, misalnya berdagang, mencari ikan, atau bertani.
g.      Unsur sosial biasanya menceritakan kehidupan dalam istana atau negeri, dimana terdapat jenjang status sosial, misalnya antara raja atau penguasa dan rakyat.

D.   Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah
1.      Kata ganti (pronomina)
Kata ganti / pronomina adalah jenis kata yang digunakan untuk menggantikan nomina / frasa nomina dan kemudian memberikan nama seseorang secara tidak langsung. Contoh saya, kapan, nya, ini.
            2.      Kata keterangan (frasa adverbial)
Frasa adverbial / kata keterangan adalah jenis kata yang menunjukan suatu peristiwa, waktu, kejadian dan tempat. Contoh tadi siang, tahun lalu, minggu kemarin
            3.      Kata kerja material (verba material)
Kata kerja material / verba material adalah jenis kata yang memiliki fungsi untuk menunjukan sebuah perbuatan nyata (aktifitas) yang telah dilakukan oleh partisipan. Adapun didalam kata kerja material ini menunjukan ciri-ciri yang dapat diketahui seperti perbuatan fisik / kejadian / peristiwa. Contoh memasak, menyapu, membaca dan lain sebagainya.
            4.      Kata sambung waktu (konjungsi temporal)
Kata sambung waktu (konjungsi temporal) adalah jenis kata yang berfungsi untuk menata urutan-urutan kejadian atau peristiwa yang di ceritakan. Dan didalam teks cerita sejarah ini banyak menggunakan serta memanfaatkan kata penghubung (konjungsi) temporal.


Kemerdekaan Indonesia
}  Orientasi
Berawal dari pecahnya “Perang Asia Timur Raya “ , dan Amerika menyatakan perang kepada Jepang karena serbuan tentara Jepang di Pusat Pertahanan Amerika Serikat “Pearl Harbour” pada tgl 8 Desember 1941. Tentara Jepang dengan Angkatan Laut dan Angkatan Udaranya semakin agresif beraksi mendarat di wilayah Indocina ,Filipina , Malaya dan Indonesia. Pemerintah Hindia Belanda ikut ikutan Sekutu menyatakan perang dengan Jepang. Jepang mendarat ke Indonesia dengan tujuan melumpuhkan pasukan Belanda .Pendaratan pertama tentara Jepang di Tarakan kemudian merambah ke daerah Balik Papan,Manado, Ambon, Makasar, Pontianak dan Palembang. Daerah daerah di Jawa juga dikuasainya ,pada tgl 1 Maret 1942 ,Jepang mendarat di BAnten, Indramayu dan Rembang. Wilayahnya semakin meluas dengan dikuasainya Batavia tgl 5 Maret 1942 , dan semakin merajalela ke wilayah Surakarta, Cikampek, Semarang dan Surabaya . Belanda semakin terdesak dengan penyerangan Jepang dan Ooh akhirnya Pemeritah Hindia Belanda menyatakan “menyerah tanpa syarat”.

Urutan Peristiwa
Masyarakat Indonesia pada awalnya menyambut dengan ramah kedatangan militer Jepang , dapat dilihat dari sikap kooperatif tokoh tokoh Nasional kita Ir. Soekarno dan Moh Hatta. Pemerintahan Jepang mulai aktif merangkul rakyat dengan pembentukan organiasasi masyarakat , yang sebenarnya “ada udang di balik batu” sebenarnya dibalik itu untuk kepentingan Jepang di Perang Dunia II. Organisasi itu antara lain :Gerakan Tiga A, Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA), Jawa Hokokai, Seinendan, Keibodan, Fujinkai, Heiho, MIAI, Pembentukan BPUPKI.


}  BPUPKI(Badan Penyelidik Usaha Usaha Persiapan Kemerdekaan RI) dibentuk pada th 1943 dibawah pemerintah Perdana Menteri Tojo, bertugas untuk mempelajari dan menyelidiki hal hal yang penting dan perlu bagi pembentukan pemerintah Indonesia. Dalam perkembangannya selanjutnya BPUPKI dibubarkan dan diganti nama oleh tokoh pejuang kita , dari BPUPKI menjadi PPPKI atau dikenal dengan Docoritsu Junbi Inkai, dengan penggantian nama ini terkesan bahwa organisasi PPPKI bukan bentukan Jepang tetapi hasil kesepakatan dan perjuangan para tokoh kemerdekaan Indonesia. Peristiwa penting yaitu pertemuan Soekarno ,M Hata dan Rajiman Wedyodiningrat dengan Jenderal Terauchi di Dalat menyampaikan bahwa pemerintah Jepang telah memutuskan akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia yang wilayahnya meliputi bekas wilayah Hindia-Belanda.

Pasukan Jepang mulai melemah, kekalahan dan kekalahan diperolehnya dan Amerika semakin kuat, apalagi setelah menarik pasukannya yang ada di Eropa. Serangan Jepang dapat dihentikan oleh tentara Amerika antara lain pada bulan Mei 1942 di pertempuran Laut Koral dan Juni 1942 di Pertempuran Midway. Jepang semakin klepek klepek karena Amerika mengamuk sehingga pada tgl 6 Agustus 1945 AS menjatuhkan Bom Atom pertamanya di Hiroshima . Amerika belum puas juga dan tiga hari kemudian tanggal 9 Agustus Bom Atom kedua mendarat kembali di kota Nagasaki, dua pusat kota pemerintahan Jepang menjadi hancur rata dengan tanah. Akhirnya Ohhhh Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada tgl 14 Agustus 1945. Penyerahan kalah itu dilakukan di kapal Missouri pada tanggal 2 September 1945 oleh Kaisar Hirohito(Jepang) dan Jendral Douglas Mc Arthur (Sekutu).

Reorientasi
Berita kekalahan Jepang terhadap Sekutu tidak dapat disembunyikan, dengan perjanjian Post Dam Jepang menyerahkan kekuasaannya kepada Sekutu dan otomatis di Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan . Kesempatan ini dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia dengan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

(Power Point) Bahasa Indonesia: Teks Cerita Sejarah
Dapat dilihat dan didownload disini
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cara download:
1. Klik tulisan 'disini' di atas
2. Silang laman yang tidak perlu, tunggu loading sebentar
3. Tekan 'Skip Ad'
4. Download file drive di tanda unduh (panah ke bawah ↓) di pojok kanan atas laman google drive
5. Selesai, tinggal cek di folder download


❤❤❤ 

You May Also Like

4 comment

  1. kreatif sekali kakak.. jangan lupa kalau mencari materi SMA bisa kunjungi portal-ilmu.com

    ReplyDelete
  2. contohnya kurang lengkap. hasil copas pasti, diatas sama dibawah beda soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini kan tugas pas sma jadi masih copast di google juga kok hehe, silakan lengkapi sendiri yaa

      Delete

What do you think about this post?