Bahasa Indonesia: Penyusunan, Penyuntingan, dan Abstraksi Teks Iklan

by - October 24, 2017

Langkah-langkah Menyusun Teks Iklan
1. Mendeskripsikan Objek Teks Iklan
Tentukan objek (barang, jasa, atau kegiatan) yang akan anda iklankan, misalnya sepeda, rumah, computer, lowongan pekerjaan,  atau layanan masyarakat. Kemudian, deskripsikan terlebih dahulu objek yang akan diiklankan agar informasi yang disampaikan lengkap.
2. Menentukan Media dan Bentuk Pemasangan Teks Iklan
Pengemasan dan penyajian iklan mempertimbangkan faktor, seperti sasaran, media, tempat, dan daya pemikat yang diusung sebuah iklan.
3. Mencatat isi pesan yang ingin disampaikan
Perjelas pesan untuk mendapat hasil akhir yang dikehendaki menggunakan pilihan kata, menarik, dan sopan sesuai gaya Bahasa iklan yang cenderung persuasive.
4. Menentukan kerangka teks iklan
Judul dapat berupa nama produk, jasa, atau kegiatan yang dikemas semenarik mungkin untuk menggugah minat sasaran iklan.
5. Menyusun kerangka teks iklan
Disusun berdasarkan struktur pembangun teks iklan yang terdiri atas judul atau nama produk, penjelasan, serta nama dan alamat pengiklan.
6. Membaca dan meneliti kembali teks iklan
Perbaiki teks iklan sebelum anda ajukan ke media pemasangan iklan dengan cermat dan teliti.
Penyuntingan Teks Iklan
             Menyunting adalah suatu kegiatan mengedit, mengubah, atau merapikan susunan letak atau penggunaan bahasa sebuah naskah tanpa mengubah makna. Orang yang menyunting disebut penyunting. Sebuah teks disunting karena ingin menjaga kualitas teks tersebut. Misal pada sebuah surat kabar, sebelum berita diterbitkan, maka editor akan melihat terlebih dahulu naskah dan akan menyunting naskah tersebut, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tujuan dari menyunting teks adalah untuk menyajikan teks yang baik dan benar sesuai dengan kaidah EYD.
Hal-hal yang dilihat dalam menyunting, yaitu:
1. Ejaan. Editor atau penyunting akan melihat teks tersebut menggunakan aturan ejaan yang disempurnakan atau tidak, jika tidak maka harus disesuaikan. Contoh: mentiup merupaka kata yang imbuhan yang salah. Dalam aturan imbuhan me-, jikan bertemu dengan huruf “t”, maka “t” menjadi hilang. Sehingga kata “mentiup” disunting menjadi meniup.

2. Tanda baca. Penggunaan tanda baca seperti tanda titik (.), tanda koma (,), tanda petik (“....”) harus memiliki ketepatan, sehingga perlu diperhatikan juga jika sedang menyunting teks. Contoh: penulisan Mei Rukmana SPd. Memiliki kesalahan dalam penggunaan tanda baca. Penulisan yang sesuai dengan kaidah EYD yaitu setelah nama menggunakan tanda koma, dan penulisan gelar dipisahkan dengab tanda titik, seperti berikut Mei Rukmana, S.Pd. 
 3. Diksi. Pemilihan kata atau diksi juga harus diperhatikan, mengingat jenis tulisan yang sifatnya formal atu tidak penyuntin akan menggunakan diksi yang maknanya lebih halus atau menggunakan makna dentasi atau konotasi untuk menyampaikan maksud yang ingin diutarakan.

4. Kalimat. Keefektifan kalimat seperti susunan S-P-O-K atau lainnya.

5. Sistematika penulisan. Penulisan paragraf atau teks, mulai dari numerisasi atau lainnya.

6. Kebenaran konsep. Dalam teks biasanya ditemukan konsep-konsep ilmiah, penyunting akan melihat hal tersebut yang dicantumkan benar atau tidak. 
Contoh:
Sel adalh (1) unit terkecil dari kehidupan. Sel menjalankn(2) fungsi struktural dan funsional(3) bagi makluk(4) uniseluler maupun multiseluler. Hal ini diungkapkan oleh schleiden dan schwann (5), ilmuwan botani dan zoologi yang melakukan penelitian secara terpisah. Sel tersusun atas organel-organel yang menjalankan fungsi-fungsi tertentu dalam mendukung kerja sel (6). Berdasarkan(7) keberadaan membran inti, sel dibedakan menjadi dua macam yaitu prokariot dan eukariot. Prokariot adaah(8) merupakan kelompok sel yang tidak memiliki membran inti sedangkan(9) eukariotik merupakan kelompok sel denganmembran inti. keberadan membran inti membedakan keduanya(9). Makhluk hidup yang termasuk ke dalam prokariotik ialah bakteri dan alga biru yang tergolong ke dalam kingdom monera (10) dalam sistem lima kerajaan yang dibuat oleh Whittaker.
Sel adalah (1) unit terkecil dari kehidupan. Sel menjalankan (2) fungsi struktural dan fungsional (3) bagi makhluk(4) uniseluler maupun multiseluler. Hal ini diungkapkan oleh Schleiden dan Schwann (5), ilmuwan botani dan zoologi yang melakukan penelitian secara terpisah. Dalam mendukung kerja sel, sel dilengkapi dengan organel-organel yang menjalankan fungsi-fungsi tertentu (6)Berdasarkan(7) keberadaan membran inti, sel dibedakan menjadi dua macam yaitu prokariot dan eukariot. Prokariot adalah(8)kelompok sel yang tidak memiliki membran inti, sedangkan (9) eukariotik merupakan kelompok sel denganmembran inti. [kalimat ini dihilangkan,karena sudah dijelaskan di kalimat sebelumnya, sehingga menjadi tidak efektif bila ditulis (9)]. Makhluk hidup yang termasuk ke  dalam prokariotik ialah bakteri dan alga biru yang tergolong ke dalam Kingdom Monera(10) dalam sistem lima kerajaan yang dibuat oleh Whittaker.  
Abstraksi Teks Iklan
Mengabstraksi teks berfungsi untuk menjelaskan secara singkat kepada pembaca tentang isi yang terdapat dalam suatu teks.
Aturan mengabstraksi teks iklan:
       Membaca teks iklan dengan cermat dan teliti
       Mencatat gagasan-gagasan penting yang tersirat dalam teks iklan
       Menyusun dan mengembangkan inti sari teks berdasarkan gagasan-gagasan penting dengan bahasa sendiri.
Penggunaan Istilah dalam Iklan
             kesalahan dalam bahasa iklan biasanya terjadi pada aspek kosakata (biasanya menggunakan bahasa asing dan bahasa daerah atau bahasa gaul) yang seharusnya mengikuti aturan tata bahasa Indonesia.
Contoh perbaikan istilah dalam iklan:
       Suzuki, way of life! > Suzuki, cara untuk hidup!
       ChunkyBar, coklatnya gede sih tapi rela bagi-bagi? > ChunkyBar, coklatnya besar, tetapi tidak rela harus dibagi-bagi.

(Power Point) Bahasa Indonesia: Penyusunan, Penyuntingan, dan Abstraksi Teks Iklan
Dapat dilihat dan didownload disini

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cara download:
1. Klik tulisan 'disini' di atas
2. Silang laman yang tidak perlu, tunggu loading sebentar
3. Tekan 'Skip Ad'
4. Download file drive di tanda unduh (panah ke bawah ↓) di pojok kanan atas laman google drive
5. Selesai, tinggal cek di folder download

❤❤❤ 

You May Also Like

0 comment

What do you think about this post?