Laporan Praktikum Dasar-Dasar Ilmu Tanah: Warna Tanah KLU & Loteng

by - July 20, 2018


BAB I. PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang
Warna tanah merupakan sifat fisik tanah yang paling nyata dan mudah ditentukan. Warna tanah tidak berpengaruh secara langsung terhadap pertumbuhan tanaman, tetapi secara tidak langsung melalui pengaruhnya terhadap suhu dan lengas. Warna dapat menunjukkan tentang kondisi iklim yang mempengaruhi perkembangan tanah atau sebagai petunjuk tentang bahan induk tanah. Warna tanah perlu diketahui agar dapat dijadikan petunjuk adanya sifat-sifat khusus dari tanah, misalnya warna tanah gelap mencirikan kandungan bahan organik tinggi sedangkan warna kelabu menunjukkan bahwa tanah telah mengalami pelapukan lanjut.
Untuk mengetahui data warna tanah secara spesifik, dibandingkan warna tanah dengan warna pada buku Munsell Soil Color Chart. Penentuan ini meliputi penetapan warna dasar tanah, warna bidang struktur dan selaput liat. Dinyatakan dalam tiga satuan, yaitu kilap/panjang gelombang cahaya (Hue), nilai kedalaman warna (Value), dan kemurnian relatif dari  spektrum warna (Chroma).

Warna tanah dapat berpengaruh terhadap kondisi-kondisi tanah lainnya, misalnya melalui pengaruhnya terhadap energi pancaran (radiasi). Warna hitam atau gelap menyerap lebih banyak energi panas dibandingkan warna cerah dan putih. Maka tanah berwarna gelap cenderung menjadi lebih cepat hangat daripada tanah berwarna cerah. Ini akan diikuti oleh lebih cepatnya penguapan pada tanah berwama gelap yang dapat diatasi dengan menutup permukaan tanah dengan tumbuh-tumbuhan atau mulsa. Berdasarkan uraian tersebut, maka perlu diadakan praktikum warna tanah untuk menambah pengetahuan dan dapat menentukan warna tanah berdasarkan jenis tanah yang diamati.
1.2     Tujuan Praktikum
Tujuan diadakannya praktikum ini adalah untuk mengetahui cara menentukan warna tanah.

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
Warna tanah merupakan salah satu ciri tanah yang jelas dan mudah terlihat sehingga lebih sering digunakan mendeskripsikan tanah daripada ciri lainnya. Warna tanah tidak mendayai langsung pertumbuhan tanaman, akan tetapi tak langsung melalui daya pengaruhnya atas suhu dan lengas tanah. Warna tanah dapat juga menjadi petunjuk proses iklim yang mempengaruhi perkembangan tanah atau sebagai petunjuk tentang bahan induk tanah. Dalam banyak kasus produksi tanah dapat pula ditukar berdasarkan warnanya (Foth. H. D, 2010).
Warna tanah berfungsi sebagai penunjuk beberapa sifat tanah, karena warna tanah dipengaruhi oleh beberapa faktor yang terdapat dalam tanah tersebut. Penyebab perbedaan warna permukaan tanah umumnya dipengaruhi oleh perbedaan kandungan bahan organik. Makin tinggi kandungan bahan organik, warna tanah semakin gelap sehingga dapat dikatakan bahwa tanah tersebut ideal untuk menjadi media tumbuh (Hardjowigeno, 2010).
Warna horison atas umumnya coklat sampai coklat gelap, sesuai kandungan dan tingkat himifikasi bahan organik. Warna gelap juga dapat terjadi sebagai akibat hadirnya MnO2 ataupun arang. Keasaman (pH) dan tahana (status) kation dalam tanah juga mempengaruhi warna tanah. Kandungan Ca dan Na yang tinggi akan memberikan warna gelap walaupun kandungan bahan organik rendah. Horison yang bersifat masam dan kandungan Ca serta BO rendah akan memiliki warna pucat. (Yudono, 2014).
Penetapan warna tanah secara kuantitatif di laboratorium menggunakan buku warna tanah standar Munsell Soil Colour Chart. Buku standar warna tersusun atas hue, value dan chroma. Hue menunjukkan spektrum warna (panjang gelombang cahaya) dominan, membedakan warna merah dengan kuning. Value menujukan kecerahan warna relatif dan warna putih sebagai pembanding yang mengacu pada penurunan warna/intensitas dari putih ke hitam. Chroma menunjukkan intensitas/kemurnian warna (Susanto, 2011).
Hue merujuk pada spektral atau kualitas warna dominan, yang merupakan pembeda antara merah dari kuning dan lainnya. Dalam hue ini dipilih menjadi sepuluh warna, yaitu Y (Yellow), YR (Yellow-Red), R (Red), RP (Red-Purple), P (Purple), PB (Purple-Brown), B (Brown), BG (Brown-Gray), G (Gray), dan GY (Gray-Yellow). Kemuadian setiap warna dibagi menjadi kisaran hue: 0-2, 5, 2,5-5,0, 5,0-7,5 dan 7,5-10 dan pada kartu warna hanya tertulis 2,5, 5,0, 7,5, dan 10. Nilai value antara 0-10, makin tinggi value menunjukan warna semakin terang (makin banyak sinar yang dipantulkan) sedangkan nilai chroma antara 0-8, makin tinggi chroma menunjukan kemurnian spectrum atau kekuatan warna spectrum meningkat (Hanafiah, 2010).

BAB III. METODE PRAKTIKUM
3.1.   Waktu dan Tempat Praktikum
Praktikum ini dilaksanakan pada hari Senin, 26 Maret 2018 pukul 08.50 – 09.40 WITA di Laboratorium Fisika Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram.
3.2.   Alat dan Bahan Praktikum
Alat yang digunakan pada praktikum ini adalah Munsell Soil Color Chart. Sedangkan bahan yang digunakan adalah contoh tanah kering udara wilayah Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Tengah dan aquades.
3.3.   Prosedur Kerja
Adapun prosedur kerja praktikum ini adalah
1.      Diambil bongkahan contoh tanah kering udara
2.      Dibandingkan warna tanah dengan warna-warna pada buku Mansell Soil Color Chart
3.      Dicatat nilai hue, value, dan croma
4.      Diulang langkah 1-3 untuk contoh tanah kering udara yang dibasahi aquades

BAB IV. HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1  Hasil Pengamatan Warna Tanah Kering Udara
Tabel 8. Hasil Pengamatan Warna Tanah Kering Udara
Sampel
Hue
Value
Chroma
Notasi
Warna tanah
KLU
10 YR
6
3
10 YR 6/3
Pale brown
Loteng
10 YR
4
1
10 YR 4/1
Dark gray
Pada praktikum ini dilakukan percobaan menggunakan tanah dari KLU dan Loteng untuk menentukan warna tanah. Warna tanah adalah sifat fisik tanah yang paling nyata dan mudah ditentukan. Masing-masing tanah memiliki warna yang berbeda tergantung pada pengaruh iklim, bahan induk, dan bahan organik yang dikandungnya karena semakin banyak kandungan bahan organiknya maka semakin gelap warna tanah tersebut.
Penentuan warna tanah dengan membandingkan warna pada Munsell Soil Colour Chart didapatkan hasil pada percobaan pertama menggunakan tanah kering udara di KLU bernotasi 10 YR 6/3 berwarna pale brown (coklat pucat) dan Loteng bernotasi 10 YR 4/1 berwarna dark gray (abu tua).

4.2  Hasil Pengamatan Warna Tanah Lembab
Tabel 9. Hasil Pengamatan Warna Tanah Lembab
Sampel
Hue
Value
Chroma
Notasi
Warna Tanah
KLU
5 YR
3
3
5 YR 3/3
Dark Reddish Brown
Loteng
10 YR
3
1
10 YR 3/1
Very Dark Gray
Percobaan selanjutnya menentukan warna tanah lembab dengan hasil tanah KLU bernotasi 5YR 3/3 berwarna dark reddish brown (coklat tua kemerahan) sedangkan tanah Loteng bernotasi 10 YR 3/1 berwarna very dark gray (abu sangat tua). Hal ini menunjukkan bahwa tanah Loteng berwarna lebih gelap daripada tanah KLU sehingga lebih ideal untuk lahan pertanian karena mengandung banyak bahan organik dan subur. Namun bukan berarti tanah KLU tidak dapat ditanami, hanya saja perlu disesuaikan jenis tanaman dengan kondisi tanah.
Manfaat mempelajari warna tanah di bidang pertanian dapat memudahkan petani dalam menentukan tanaman yang sesuai bagi tanah secara langsung tanpa harus melakukan pengamatan khusus.

BAB V. KESIMPULAN
Dari percobaan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tanah Loteng berwarna lebih gelap dibandingkan tanah KLU, semakin gelap warna tanah, maka kandungan organik lebih besar dan semakin subur sehingga tanah Loteng lebih subur daripada tanah KLU.

DAFTAR PUSTAKA
Foth. H. D. 2010. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Universitas Gadjah Mada Press.
Yogyakarta.
Hanafiah. 2010. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Rajawali Persoda. Jakarta.
Hardjowigeno, Sarwono. 2010. Ilmu Tanah. Akademika Pressindo. Jakarta.
Susanto, Rahman. 2010. Dasar-Dasar Ilmu Tanah.. Konisius. Yogyakarta.
Yudono, P., Maas, A., Mashyur, C. S., dan Yuwono, T. 2013. Pengantar Ilmu
            Pertanian. Universitas Gadjah Mada Press. Yogyakarta.


(Microsoft Word) Laporan Praktikum Dasar-Dasar Ilmu Tanah: Warna Tanah KLU & Loteng
Dapat dilihat dan didownload disini
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cara download:
1. Klik tulisan 'disini' di atas
2. Silang laman yang tidak perlu, tunggu loading sebentar
3. Tekan 'Skip Ad'
4. Download file drive di tanda unduh (panah ke bawah ↓) di pojok kanan atas laman google drive
5. Selesai, tinggal cek di folder download

❤❤❤ 
@finasaadha

You May Also Like

2 comment

What do you think about this post?