Qur'an Hadits: Surah az-Zukhruf Ayat 9-13

by - June 24, 2017


Surah az-Zukhruf Ayat 9-13
Kelompok 1:
       Abdurrahman Alhaddar                (1)
       Agung Eka Saputra          (2)
       Alviana Ratna Malinda   (4)
       Aniza Sajzadina M.          (5)
       Baiq Fadila Aisyah            (7)
       Baiq Sonia Hartiani           (8)

                Surah az-Zukhruf adalah surah ke-43 yang terdiri atas 89 ayat. Az-Zukhruf berarti perhiasan. Surah ini termasuk surah Makkiyah yang diturunkan setelah Surah asy-Syura. Di antara isi yang terkandung di dalamnya adalah menerangkan pengakuan orang musyrik Mekah bahwa Allahlah pencipta langit dan bumi. Namun, mereka tetap menyembah selain Allah.
Arti surah az-Zukhruf Ayat 9:
9. dan sungguh jika kamu tanyakan kepada mereka: "Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?", niscaya mereka akan menjawab: "Semuanya diciptakan oleh yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui".
Penjelasan Ayat 9 : penjelasan Allah kepada Rasulullah apabila dia bertanya kepada orang-orang musyrik, “Siapakah yang menjadikan alam semesta seperti langit dan bumi?” Mereka dengan tegas menjawab, “semua itu diciptakan Yang Mahaperkasa, Maha Mengetahui segalanya, yaitu Allah yang tidak ada satu pun sekutu bagi-Nya. Meskipun demikian, mereka tetap melakukan peribadahan kepada selain Allah.
Arti surah az-Zukhruf Ayat 10:
10. yang menjadikan bumi untuk kamu sebagai tempat menetap dan Dia membuat jalan-jalan di atas bumi untuk kamu supaya kamu mendapat petunjuk.
Penjelasan Ayat 10 : Allah yang menjadikan bumi sebagai hamparan dan menyiapkannya bagi makhluk-Nya untuk tempat mereka menetap. Allah membuat jalan-jalan agar manusia dapat berkunjung dari satu tempat ke tempat lain untuk kepentingan hidup, ekonomi, dan perdagangan.
Arti surah az-Zukhruf Ayat 11:
11. dan yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu Kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti Itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur).
Penjelasan Ayat 11 : Allah yang menurunkan hujan dari langit sesuai dengan keperluan. Dengan turunnya hujan sesuai dengan kadar yang diperlukan maka hidup dan makmurlah negeri yang telah mati. Begitu pula, Dia kuasa menghidupkan dan mengeluarkan orang-orang mati itu dari kubur.
Arti surah az-Zukhruf Ayat 12:
12. dan yang menciptakan semua yang berpasang-pasangan dan menjadikan untukmu kapal dan binatang ternak yang kamu tunggangi.
Penjelasan Ayat 12 : Allah yang menciptakan semua makhluk berpasang-pasangan, baik dari jenis tumbuh-tumbuhan, hewan, dan manusia. Dia menjadikan kendaraan berupa kapal yang dapat dipergunakan untuk mengangkut keperluan barang dagangan di laut serta binatang ternak, seperti unta, kuda, dan sapi yang dapat dipergunakan sebagai alat pengangkutan di darat.
Penjelasan Ayat 13 : apabila manusia itu berada di atas kendaraan, hendaklah mengenang nikmat yang telah dikaruniakan kepada mereka. Caranya dengan mengagungkan Allah dan menyucikan-Nya dari sifat-sifat yang dituduhkan orang-orang musyrik kepada-Nya, seraya berdoa (Q.S. az-Zukhruf/43: 13-14)

          Secara garis besar, nikmat Allah dapat dikelompokkan menjadi tujuh macam sebagai berikut.
  1. Nikmat fitriah, kita diciptakan Allah sebagai makhluk yang paling indah dan mulia dibandingkan dengan makhluk lainnya.
  2. Nikmat rohaniah, kita diberi akal untuk berpikir.
  3. Nikmat alamiah, kita ditempatkan di alam yang subur, makmur, dan indah.
  4. Nikmat hayat, kita diberi kesehatan dan kehidupan.
  5. Nikmat ikhtiariah, kita diberikan kemampuan usaha yang bermacam-macam.
  6. Nikmat hurriah, kita diberi kemerdekaan.
  7. Nikmat diniah, kita diberi petunjuk hidup berupa agama.


(Power Point) Qur'an Hadits: Surah az-Zukhruf Ayat 9-13

Dapat didownload disini

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cara download:
1. Klik tulisan 'disini' di atas
2. Silang laman yang tidak perlu, tunggu loading sebentar
3. Tekan 'Skip Ad'
4. Download file drive di tanda unduh (panah ke bawah ↓) di pojok kanan atas laman google drive
5. Selesai, tinggal cek di folder download

❤❤❤
With Love,
Fina Sarah Adhari

Twitter: finasaraha_13

You May Also Like

0 comment

What do you think about this post?