Manajemen Agribisnis: Lembaga Agribisnis (Koperasi Serba Usaha (KSU) Nusantara Agro NTB)

by - December 25, 2018


Koperasi Serba Usaha (KSU) Nusantara Agro NTB
Jl. TGH Ibrahim Al-Khalidy Bengkel Labuapi Lobar

                1. Jenis Koperasi
Koperasi serba usaha berbasis pertanian yang berfungsi untuk perkreditan (simpan pinjam),  penyediaan dan penyaluran sarana produksi dan keperluan sehari-hari, serta pengelolaan juga pemasaran hasil produksi pertanian.


                2. Sejarah
Koperasi Nusantara Agro NTB terbentuk atas dasar kesamaan kemauan dan tujuan anggota. Awalnya pada tahun 2006 terbentuk arisan tani dengan pengumpulan simpanan Rp50.000 per bulan oleh 10 orang petani sehingga dapat menyewa lahan bersama yang semakin lama semakin luas lahan sewanya dan juga anggota arisan tani ini tetap melakukan kegiatan produksi pertanian mulai dari menggarap lahan sampai panen bersama-sama sehingga terjalin kebersamaan yang erat, sampai pada titik keberhasilan mereka mulai banyak orang-orang yang ingin bergabung di arisan tani ini, tetapi karena tidak berkemungkinan anggota baru dapat mengejar setoran, sehingga pada 24 September 2011 berdirilah koperasi Nusantara Agro NTB ini untuk mengcover orang-orang yang ingin bergabung di arisan tani.
Kemudian bergabunglah 97 anggota dari berbagai kabupaten di NTB dengan modal awal dari tabungan arisan tani yang telah dikembangkan dari hasil pengolahan, jual beli hasil pertanian juga dari simpanan pokok sebesar Rp100.000, simpanan wajib Rp10.000, serta simpanan sukarela. Dana ini dapat diolah dalam bentuk simpan pinjam sehingga ada Unit Simpan Pinjam yang dapat melakukan transaksi simpan (tabung) dan pinjam, di koperasi ini dalam memberi pinjaman melihat dari kemampuan ekonomi anggota, tidak memerlukan jaminan, dan dapat mengembalikan kapan saja (setidaknya sekali 4 bulan). Koperasi ini tidak hanya fokus pada pertanian, tetapi juga pengairan (irigasi), perikanan, peternakan, teknik pertanian dan memanfaatkan potensi daerah yang subur dan air yang melimpah. Selain itu, koperasi ini juga memiliki tabel rencana tanam dan realitas tanam sehingga dapat diketahui apakah target produksi tanam sudah tercapai atau belum.
Koperasi ini sangat memberdayakan anggotanya, sumber daya alam, serta aktif menjalankan programnya dan sudah dibina oleh provinsi, sehingga pada tahun 2015 lalu diberi penghargaan dengan diundangnya ketua koperasi Nusantara Agro NTB ke Istana Negara dan bertemu presiden.

                3. Pentingnya Dibentuk Koperasi
Untuk memudahkan petani dalam melakukan pengolahan pertanian dan agroindustri sehingga tercapai kesejahteraan petani berasaskan gotong royong.

                4. Peran Keberadaan Koperasi Secara Umum
·     Mensejahterakan anggota koperasi serba usaha pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
·     Dapat membangun tatanan perekonomian untuk mewujudkan masyarakat maju, adil, dan makmur.
·     Dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggota koperasi.
·     Memberikan pelayanan pinjaman, tepat dan cepat serta mendidik anggota untuk dapat menggunakan uang dengan bijaksana dan produktif.
·     Memenuhi kebutuhan sehari-hari dan perkantoran anggota koperasi.

                5. Manfaat yang Dirasakan Bagi Anggota Koperasi
Anggota dapat melakukan transaksi simpan pinjam, investasi, penyediaan dana untuk produksi pertanian, penyediaan benih, bibit, pupuk, dan sarana pertanian, pembinaan dalam agroindustri dan pemasaran. Pengolahan agroindustri yang sedang dijalankan salah satunya adalah jagung krispi dimana koperasi ini bekerja sama dengan Kelompok Wanita Tani di Gapoktan, produk ini dipasarkan di toko-toko dan sering dijadikan oleh-oleh. Keunggulan daerah sekitar koperasi tidak hanya lahannya yang subur, tetapi juga pemasarannya yang dekat dengan kota mataram sebagai kota konsumen dan dekat pasar.
Saat ini anggota dari Kabupaten Bima sedang mengalami kesulitan karena harga bawang yang anjlok, karena itu koperasi membantu anggota dengan memasarkan bawang tersebut di Lombok, di koperasi ini juga membina anggotanya agar melakukan agroindustri terhadap hasil pertaniannya agar menciptakan nilai tambah.
Koperasi ini tidak sembarang menerima anggota karena banyak yang ingin menjadi anggota tetapi hanya ingin melakukan transaksi pinjaman, sehingga koperasi ini menseleksi calon anggota dengan melihat kemampuannya. Koperasi ini melakukan program-program yang dapat mengikat petani dengan koperasi melalui pengelolaan uang, dimana anggota koperasi harus memberi feedback kepada koperasi. Untuk menjaga resiko, ada dana cadangan resiko yaitu 2% dari uang pinjaman anggota, yang berfungsi saat anggota tersebut meninggal sehingga keluarganya tak perlu lagi membayar hutang. Selain itu koperasi juga memberikan santunan sebanyak 50% dari sisa nilai hutang kepada keluarga.

                6. Struktur Organisasi
Pembina: Camat Labuapi, UPTD KCD Pertanian LA, Pengamat Pengairan, dan Kades
Badan Pengawas: H. Sayuti, Humaidi, dan Jamiludin.
Ketua: Muhammad Saleh
Sekretaris: Syaefudin Zohri
Bendahara: Sukardi
Pelaksana Teknis: Sahroni & Abdul Halim
Koordinator Poktan: Mujmal
Koordinator Bidang Usaha: H. Moh Idrus
Koordinator Pemuda Tani: Asrorudin
Koordinator Wanita Tani: Marhaeni W.
Karyawan : 1 orang
Anggota Aktif : 97 orang

                7. Tantangan Menjalankan Koperasi
Banyak yang ingin menjadi anggota atas dasar dana agar mereka dapat melakukan transaksi pinjaman, sehingga koperasi ini melakukan pengelolaan uang, dimana anggota koperasi harus memberi feedback kepada koperasi. Sayangnya saat ini kesadaran berkoperasi itu kurang selain itu juga tidak ada yang mau menjadi petani padahal Indonesia adalah negara agraris karena harusnya Indonesia maju dengan pertaniannya. Tantangan lainnya adalah sikap pemerintah yang masih minim perhatian terhadap pertanian, dimana pemerintah membiarkan lahan dialih fungsikan sebagai bangunan padahal lahan daerah sekitar Koperasi ini subur.

(Microsoft Word) Manajemen Agribisnis: Lembaga Agribisnis (Koperasi Serba Usaha (KSU) Nusantara Agro NTB)
Dapat dilihat dan didownload disini
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cara download:
1. Klik tulisan 'disini' di atas
2. Silang laman yang tidak perlu, tunggu loading sebentar
3. Tekan 'Skip Ad'
4. Download file drive di tanda unduh (panah ke bawah ↓) di pojok kanan atas laman google drive
5. Selesai, tinggal cek di folder download

❤❤❤ 

You May Also Like

0 comment

What do you think about this post?