Cara Meningkatkan Imun Tubuh untuk Menghindari Penyebaran Pandemi Covid-19

by - July 11, 2020



Pandemi Covid-19 yang masih terus berlanjut hingga kini karena penyebarannya yang dengan mudah meluas karena kontak dengan orang-orang terjangkit, untuk itu diperlukan ketahanan tubuh yang kuat untuk menghalau penyebaran Covid-19. Daya tahan tubuh atau sistem imunitas yang kuat berperan penting dalam menjaga kesehatan agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh diantaranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat yaitu:


1. Konsumsi Makanan Sehat. Mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah dapat menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh dimana menurut penelitian, dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah maka tubuh tidak mudah terserang penyakit karena dalam sayur dan buah terkandung vitamin dan mineral yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

2. Tidak Begadang. Terjaga semalam suntuk membuat tubuh kurang istirahat sehingga dapat menurunkan imunitas tubuh, sehingga sangat penting untuk mencukupi kebutuhan tidur/istirahat sekitar 7 hingga 10 jam pada malam hari. Tidur malam tidak sama manfaatnya dengan tidur siang sehingga hal ini sangat penting untuk diperhatikan.

3. Olahraga Rutin. Dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh diperlukan olahraga rutin selama 30 menit setiap hari, olahraga atau aktivitas fisik ini dapat dilakukan di dalam maupun di luar rumah.

4. Tidak Merokok dan Minum Alkohol. Sistem kekebalan tubuh dapat rusak oleh paparan asap rokok dan minuman beralkohol sehingga sangat penting untuk dihindari.

5. Hindari Stres. Stres perlu dikelola dengan baik karena stres yang tidak terkendali dapat menyebabkan penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Nah itu dia beberapa pola hidup sehat yang dapat diterapkan untuk meningkatkan imun tubuh selama pandemi, selain itu kamu dapat mendengarkan penjelasan lebih lanjut melalui video di bawah ini.



You May Also Like

1 comment

  1. Menambah imun penting sekali untuk kesehatan. Ternyata, manfaat susu kambing etawa bisa untuk peningkatan imun juga loh.

    ReplyDelete

What do you think about this post?