Laporan Praktikum Dasar-Dasar Agronomi: Pengaruh Pemupukan Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Bawang Merah

by - August 09, 2018


Pemupukan ialah usaha untuk memberikan tambahan nutrisi dan unsurhara baik makro maupun mikro dengan tujuan mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik. Umumnya pupuk diberikan dalam bentuk padat atau cair melalui tanah dan diserap oleh akar tanaman. Namun pupuk dapat juga diberikan lewat permukaan tanaman, terutama daun.

   Berdasarkan praktikum yang telah dilakukan pada 15 HST diperoleh data dari seluruh poly bag yang diamati tinggi tanaman untuk P2 paling tinggi dan jumlah anakan paling banyak yaitu rata-rata tinggi tanaman adalah 18,83 cm dan rata-rata jumlah anakan adalah 3,67 anakan dibandingkan P1 rata-rata adalah 12,94 cm dan rata-rata jumlah anakan adalah 2,89 anakan, dan P3 tinggi tanaman 15,83 cm dan rata-rata jumlah anakan adalah 2,78 anakan. Selanjutnya pada 30 HST diperoleh data P2 masih paling tinggi dengan jumlah anakan paling banyak, tinggi tanaman untuk masing-masing perlakuan yakni P1, P2, dan P3 berturut-turut adalah 15,26 cm, 18,53 cm, dan 13,11 cm dan data jumlah anakan rata-rata untuk masing-masing perlakuan diperoleh berturut-turut adalah 3 anakan, 3,33 anakan, dan 2,11 anakan. Pada 30 HST ini, terdapat penurunan rata-rata jumlah anakan yang disebabkan oleh adanya beberapa sampel tanaman yang mati akibat kurangnya perawatan dan pemeliharaan juga berbagai faktor lainnya. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa pertumbuhan tanaman pada P2 atau tanaman bawang yang menggunakan pupuk organik memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan tanaman pada P1 dan P3. Hal ini dikarenakan kandungan pupuk organik yang kaya akan unsur hara bagi tanaman sehingga untuk melakukan proses pertumbuhan tanaman P2 mendapatkan suplai unsur hara yang baik. Adapun untuk tanaman pada P1 yang dipupuk menggunakan pupuk NPK juga memperoleh unsur hara namun tidak sebaik dengan menggunakan pupuk organik karena kandungan bahan kimia yang dapat merusak tanah. Sedangkan sampel pada P3 pertumbuhan tanaman dapat terhambat karena tanaman tidak memperoleh unsur hara yang cukup untuk pertumbuhannya.
Pengaruh pupuk pada bobot umbi segar tanaman juga yang tertinggi diperoleh pada tanaman P2 yakni 3,126 gr dibandingkan P1 2,44 gr dan P3 1,563 gr. Dari data ini pula ditunjukkan bahwa penggunaan pupuk organik sangat baik bagi pertumbuhan tanaman karena menyediakan unsur hara bagi tanah. Proses pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman tentu dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti jenis tanah, iklim, dan tanaman itu sendiri. Dari berbagai faktor yang mempengaruhinya adapula faktor pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang dapat dikontrol oleh manusia, seperti ketersediaan hara dalam tanah dapat ditingkatkakn melalui pemupukan.
KESIMPULAN
Berdasarkan praktikum yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemupukan dapat mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan dengan baik. Pemupukan menggunakan pupuk organik pada bawang merah menunjukkan hasil yang lebih baik daripada tanaman yang menggunakan pupuk NPK dan tanpa perlakuan. Pupuk organik tidak mengandung bahan kimia sehingga tanaman dapat aman jika dikonsumsi dan memberikan unsur hara yang cukup bagi pertumbuhan tanaman. Jika tanaman diberi pupuk NPK, maka tanah akan mengalami kerusakan karena telah tercemar zat kimia dari pupuk tersebut. Jika tanaman tidak diberi pupuk maka tanaman tersebut tidak akan baik pertumbuhannya.
   SARAN         

Dalam proses pemupukan perlu disesuaikan jenis pupuk yang akan digunakan dan dosis yang tepat dalam proses pembudidayaan tersebut sehingga dapat menguntungkan petani dan memberi efek positif bagi lahan dan juga bagi konsumen dalam jangka panjang. Disarankan menggunakan pupuk organik karena dapat menghasilkan tanaman yang baik dikonsumsi tubuh manusia dan lahan pertanian yang tidak rusak karena tidak banyak bahan kimia serta lebih menguntungkan bagi produsen dan konsumen karena pupuk organik lebih mudah ditemukan dan dapat diproduksi sendiri. 

You May Also Like

0 comment

What do you think about this post?