Laporan Praktikum Dasar-Dasar Agronomi: Pengaruh Pemupukan dan Pembumbunan Terhadap Pertumbuhan Tanaman Jagung

by - August 11, 2018


Pembumbunan adalah penimbunan tanah di pangkal rumpun tanaman. Menegakkan tanaman. Tanah di sekitar tanaman seringkali terkikis oleh erosi air terutama air irigasi maupun air hujan sehingga tanah yang ada di sekitar tanaman tidak mampu lagi menopang tegaknya tanaman. Pembunbunan merupakan salah satu kegiatan pemeliharaan tanaman yang bertujuan untuk memperkuat berdirinya batang tanaman, mengurangi kandungan air yang berlebih pada tanah dan juga memperbaiki drainase tanah.
Berdasarkan hasil pengamatan pada 28 HST diperoleh data tinggi tanaman pada P1 rata-rata adalah 30,6 cm, rata-rata jumlah daun adalah 6,3 daun, dan rata-rata lingkar batang tanaman adalah 2,85 cm lebih besar dibanding P2 yaitu rata-rata itnggi tanaman adalah 27,37 cm, rata-rata jumlah daun 5,4 daun, dan rata-rata lingkar batang 3,25 cm. Selanjutnya untuk pengamatan pada 42 HST diperoleh data untuk P1 untuk rata-rata tingi tanaman yakni 103,3 cm, rata-rata jumlah daun 9,4 daun, dan rata-rata lingkar batang adalah 4,75 cm lebih besar dibanding P2 yaitu data rata-rata tinggi tanaman 92,5 cm, rata-rata jumlah daun 9,1 daun, dan rata-rata lingkar batang tanaman adalah 4,88 cm. Pada hari ke 56 dan 70 setelah tanam diperoleh data untuk P1 rata-rata tinggi tanaman adalah 156,6 cm, rata-rata jumlah daun 11,5 daun, dan rata-rata lingkar batang tanaman adalah 6,36 cm lebih besar dibanding P2 diperoleh data rata-rata tinggi tanaman 131,1 cm, rata-rata jumlah daun 11,4 daun, dan rata-rata lingkar batang adalah 6,10 cm. Berdasarkan data yang telah diperoleh tinggi tanaman, jumlah daun, dan lingkar batang tanaman baik P1 maupun P2 terus bertambah. Namun, tanaman jagung pada P1 lebih tinggi daripada P2, untuk tinggi tanaman dari kedua perlakuan menunjukkan perbedaan yang cukup jelas. Berbeda dengan jumlah daun dan lingkar batang perbedaannya tidak signifikan. Hal ini dikarenakan pupuk NPK yang diberikan pada P1 memberikan tambahan unsur hara pada tanaman yang menyebabkan tanaman pada P1 tumbuh lebih tinggi daripada tanaman jagung pada P2 yang tidak diberikan pupuk NPK. Selain itu, pembunbunan tanah juga dapat menyediakan makanan secara terkumpul pada tanah yang dibunbun dan memperkuat batang tumbuhan jagung sehingga bisa tumbuh lebih tinggi. Apabila dilihat dari warna daun tanaman, pada sampel P1 warna daun tanaman lebih hijau daripada tanaman pada P2, bahkan daun tanaman pada P2 menguning dan ada beberapa daun juga kering. Menguningnya daun tanaman pada P2 dapat terjadi akibat berbagai faktor, seperti kekurangan air atau bahkan kekurangan unsur hara seperti unsur kaliun dan nitrogen pada tanaman.
KESIMPULAN
Berdasarkan praktikum yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemupukan dan pembunbunan mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman jagung, terutama pada tinggi tanaman. Pembunbunan tanah diperlukan untuk memperkuat berdirinya batang tanaman, menampung makanan bagi tumbuhan, mengatasi kelebihan air pada tanah dan memperbaiki drainase sementara pemupukan dapat memenuhi ketersediaan hara dalam tanah.
SARAN
Dalam proses pemupukan perlu disesuaikan jenis pupuk yang akan digunakan dan dosis yang tepat dalam proses pembudidayaan tersebut sehingga menguntungkan. Sementara dalam proses pembumbunan sebaiknya diperhatikan dengan cermat dalam menimbun tanaman dengan rata agar pertumbuhan tanaman juga dapat merata.

You May Also Like

0 comment

What do you think about this post?