Sistem Teknologi Informasi: Komputer Generasi Ketiga

by - October 04, 2018


                                                     1.         Latar belakang komputer generasi ketiga
komputer generasi ketiga merupakan perkembangan yang paling pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor pada generasi kedua yang dianggap tidak efisien lagi sehingga membuat manusia mencari solusi lain dan solusi itu di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ) Walaupun transistor mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal computer.. Sehingga Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958  yang kemudian mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga dan memenuhi tuntutan kebutuhan manusia akan computer yang kompleks dan lebih canggih untuk memproses data lebih cepat dan efisien
Pada era ini juga mulai digunakannya sistem operasi (operation sistem) yang memungkinkan mesin menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Sistem operasi komputer pada generasi ketiga adalah UNIX dan Windows. Walapupun grafiknya masihlah sangat minim.


                                 2.         ciri-ciri computer generasi ketiga
1)      Komponen elektronika yang digunakan adalah IC (Integrated Circuits) yang berbentuk lempengan atau chip Ditemukannya IC sehingga mengubah arsitektur komputer secara keseluruhan. Komponen yang dipergunakan adalah IC (Integrated Circuits), yang berbentuk Hybrid Integrated circuits yaitu transistor dan dioda yang diletakkan secara terpisah dalam satu tempat, dan Monolithic System Technology (MST) yaitu elemen-elemen sirkuit yang diletakkan dalam satu chip. Penggunaan Integrated Circuit (IC), piringan silicon kecil dari bahan batu kuarsa yang didalamnya berisi sejumlah transistor. Penggunaan Integrated Circuit (IC), piringan silicon kecil dari bahan batu kuarsa yang didalamnya berisi sejumlah transistor. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc (MST). SLT adalah transistor dan diode diletakkan terpisah dalam satu tempat sedangkan MST adalah elemen transistor, diode, dan resistor diletakkan bersama dalam satu chip. MST lebih kesil tetapi mempunyai kemmapuan lebih besar dibanding SLT. Perkembangan perangkat keras komputer (hardware) khususnya di dalam sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa terus mengalami perkembanagn  ke arah yang lebih baik. sejak ditemukannya Integrated Circuit atau sirkuit terpadu merupakan komponen elektronik berukuran kecil (umum disebut chip) yang disusun dari bahan semi konduktor (misalkan silikon). IC yang memiliki kemampuan makin baik dengan ukuran makin kecil memberikan pengaruh signifikan kepada perkembangan sejarah komputer, khususnya ukuran komputer dan kemampuan komputasi komputer. Ukuran komputer makin kecil namun memiliki kemampuan besar. Hal inilah yang kemudian memunculkan adanya komputer pribadi hingga sat ini dan di masa depan, untuk komputer dekstop, jinjing, smartphone, nano komputer, dll. 
2)      Pemrosesan kinerja komputer lebih cepat Karena menggunakan IC. Kecepatanya hampir 10000 kali dari komputer generasi pertama Kecepatan yang lebih baik dan bisa menghitung data dalam nanodetik
3)      Kapasitas memori lebih besar, dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu). Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter). Menggunakan magnetic disck (penyimpanan magnetic) berkapasitas besar (jutaan karakter sebagai tempat penyimpanan eksternalnya (penyimpanan luar, tambahan) yang bersifat random access.
4)      Pemakaian listrik lebih hemat dan lebih efisien.
5)      Bentuk fisik Lebih kecil dibandingkan dengan generasi sebelumnya sehingga menjadi titik awal fenomena mikrokomputer sehingga harga semakin murah
6)      Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language), yaitu: BASIC, FORTRAN, COBOL
7)      Sudah menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi programming dalam waktu yang bersamaan Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing yaitu dapat memproses sejumlah data dari sumber-sumber yang berbeda pada waktu bersamaan dan multi programming yaitu dapat mengerjakan beberapa program sekaligus. Bisa menampilkan gambar dan grafik serta dapat mengeluarkan suaraMulti processing dan multi programming. Dengan adanya sistem operasi, mesin dapat menjalan beberapa program sekaligus. 8 Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing, yaitu dapat memproses sejumlah data dari sumber-sumber yang berbeda pendapat pada waktu yang bersamaan dan multiprogramming, yaitu dapat mengerjakan beberapa program sekaligus. Multiprogrammed Batch System (1951-1961)
Sistem operasi dengan konsep Uniproramming memliki beberapa kekurangan , untuk itulah kemudian dilakuakan perbaikan sistem operasi dari Uniprogramming menjadi Multiprogramming. Penekanan utama pada multiprogramming adalah kemampuan sistem operasi  untuk menangani lebih dari satu buah aplikasi secara bersamaan. Hal inilah yang kemudian menjadi cikal bakal untuk sistem operasi selanjutnya di masa depan. Dengan adanya terobosan ini, di zaman sekarang kita bisa menjalankan aplikasi secara bersamaan. misalkan internetan, mengetik, dan mendengarkan musik (Mp3) secara bersamaan.
8)      Dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer. Kemampuan melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya. Telah mampu melakukan komunikasi dengan komputer lain (jaringan komputer)
9)      Konsep ‘time sharing’ diperkenalkan Sistem pembagian waktu dikembangkan untuk memberikan penggunaan sistem komputer secara interaktif. Sistem shared time menggunakan penjadwalan CPU dan multiprogramming untuk memberi setiap pengguna sebagian kecil komputer bersama waktu. Hal ini memungkinkan banyak pengguna untuk berbagi sumber daya komputer secara bersamaan.Time Sharing System (1961) Time sharing System diciptakan untuk memperbaiki beberapa kekurangan pada multiprogramming. Kemampuan utama pada sistem operasi time ini adalah kemampuannya untuk menyediakan multi akun untuk login. Ini berarti bahwa komputer dan sistem operasi itu sendiri dapat digunakan secara bersama-sama maupun bergantian oleh banyak pengguna.  konsep ini pun juga dipakai hingga saat ini dan di masa depan nanti oleh beragam sistem operasi yang muncul.
10)  Sudah menggunakan terminal visual display (monitor) dan dapat mengeluarkan suara. Pengembangan dari alat input-output yang menggunakan visual display terminal yang bisa menampilkan gambar-gambar dan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, serta penggunaan alat pembaca tinta megnetik yaitu MICR reader.
11)  Peningkatan dari sisi softwarenya Sistem Operasi yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer mulai digunakan. Integrasi Hardware dan Sofware mulai dilakukan melalui Sistem Operasi. Sistem operasi komputer pada generasi ketiga adalah UNIX dan Windows. Walapupun grafiknya masihlah sangat minim. Sistem Operasi Masa Kini (1970-sekarang)
Sistem operasi masa kini dipengaruhi oleh perubahan pola pikir pengguna komputer terhadap komputer dan penggunanya. Yang utama adalah berubahnya alih fungsi komputer yang semula untuk tujuan militer kemudian berubah ke komputer yang dapat digunakan oleh siapa pun . Tentu saja dengan adanya perubahan ini, setiap orang dapat dengan leluasa menggunakan komputer di rumah-rumah mereka. Banyak bermunculan application software
12)  Menggunakan teknologi small-and medium-scale integration. SSI digunakan pada proyek-proyek awal kedirgantaraan, dan mendorong perkembangan teknologi sirkuit terpadu sebagaimana teknologi-teknologi lainnya. Minuteman missile dan Apollo program menggunakan konputer digital yang ringan untuk system inertial guidance-nya; Apollo guidance computer mendorong kemajuan teknologi sirkuit terpadu hingga dapat diproduksi secara massal. Program misail Minuteman dan banyak program Navy lainnya adalah pasar bagi sirkuit terpadu yang bernilai sebesar $4 miliar pada tahun 1962, dan pada tahun 1968, budget pemerintah A.S. merupakan 37% dari total produksi sebesar $312 million. Budget dari pemerintah A.S. ini mendorong teknologi baru ini hingga biaya produksi turun hingga dapat diaplikasikan dalam industri dan kemudian konsumen. Harga rata-rata sebuah chip turun dari $50.00 pada 1962 menjadi $2.33 pada 1968. Sirukuit terpadu mulai muncul pada produk konsumen di akhir dekade, dan aplikasi tipikalnya yaitu FM inter-carrier sound processing pada penerima signal di televisi.. SSI Sirkuit terpadu berkembang menjadi "medium-scale integration" (MSI) pada akhir tahun 1960an, ditandai dengan munculnya chip yang memuat beberapa ratus transistor. MSI memiliki keuntungan ekonomis karena walaupun harganya lebih mahal sedikit dibandingkan SSI, MSI memungkinkan sistem yang lebih kompleks diwujudkan dalam sebuah chip dan menghasilkan lebih sedikit komponen untuk dirakit pada circuit board.

                                 3.         Kelebihan Dan Kekurangan Komputer Generasi Ketiga
Kelebihan komputer generasi ketiga
1)      Lebih kecil dibandingkan dengan generasi sebelumnya
2)      Lebih handal dengan Akurasi yang lebih baik
3)      Energi yang diperlukan lebih sedikit
4)      Menghasilkan sedikit panas dan jauh lebih seidkit dibandingkan dengan komputer sebelumnya
5)      Kecepatan yang lebih baik dan bisa menghitung data dalam nanodetik
6)      Biaya pemeliharaan rendah karena kegagalan hardware yang jarang sekali terjadi
7)      Bertujuan untuk penggunaan secara umum dan Serbaguna
8)      Dapat digunakan untuk bahasa tingkat tinggi
9)      Kapasitas dan sistem penyimpanan yang baik
10)  Lebih murah sehingga Produksi komersial meningkat
11)  Kecepatan proses data lebih cepat dari generasi sebelumnya
12)  Dapat menyimpan sampai ratusan ribu karakter
13)  Telah dapat menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random access, yaitu magnetic disk
14)  Dapat menjalankan program secara serentak

Kekurangan:
1)      Memerlukan AC
2)      Membutuhkan Teknologi yang sangat canggih untuk pembuatan chip IC
3)      Ukuran fisiknya masih besar
4)      Pemakaian rumit
5)      Bagian dalam/sirkuitnya masih berukuran besar
6)      Menghasilkan panas yang berlebihan seperti pada komputer generasi sebelumnyaKelemahan Software generasi ketiga: mementingkan urutan instruksi program yang dibuat, yakni pembuatan program yang mengikuti prosedur yang berlaku atau non procedural.
7)      Harganya mahal pada saat itu .
8)      Pabrik yang memproduksi computer generasi ketiga IBM, BURROGHS, HONEYWELL, NCR, Digital Equipment Corporation

                                 4.         Jenis Komputer Generasi Ketiga
1)      IBM S-360 merupakan computer pertama yang menggunakan IC dan diperkenalkan pada tahun 1964 Mulai diterapan microprogramming
2)      Komputer IBM S/360 adalah sebuah mainframe yang dibuat pada tahun 1964 dengan menggunakan IC sebagai teknologi dasar rangkaiannya. IBM S/360 merupakan awal komputer modern. Nama IBM S/360 digunakan karena kemampuannya melakukan operasi satu lingkaran penuh (360 derajat) yaitu dapat digunakan untuk berbagi aplikasi bisnis maupun teknik. Sistem operasi yang digunakan IBM S/360 adalah:
1. DOS/360 untuk mesin kecil seperti IBM S/360 model 30 dan 40.
2. OS/360 untuk sistem Multiprogramming.
3. TSS/360 untuk sistem Time-Sharing Multi-user.
IBM System 360: Komputer yang diproduksi oleh IBM ini merupakan komputer generasi ketiga yang pertama diperkenalkan kepada publik. IBM S-360 diluncurkan pada tanggal 7 April 1964 dan telah menggunakan komponen IC dalam sirkuitnya. IBM S-360 dianggap sebagai komputer generasi ketiga yang paling sukses, sebab komputer ini diluncurkan dalam berbagai set compatible dan rentang harga.
3)      UNIVAC 1108
4)      UNIVAC 1109
5)      UNIVAC 9000
6)      PDP 8
DEC-PDP-8 adalah komputer mini komersial pertama yang sukses diproduksi oleh Digital Equipment Corporation (DEC) pada tahun 1960. DEC memperkenalkannya pada tanggal 22 Maret 1965, dan terjual lebih dari 50.000 sistem, yang paling baik dari setiap komputer sampai tanggal tersebut. Itu adalah komputer pertama yang dijual secara luas dalam rangkaian komputer DEC PDP (PDP-5 awalnya tidak dimaksudkan untuk tujuan-umum). Chief engineer yang merancang versi awal PDP-8 adalah Edson de Castro, yang kemudian mendirikan Dat aGeneral.PDP awal-8 model (informal dikenal sebagai "-8 Straight") menggunakan logika dioda-transistor, dikemas pada kartu chip flip, sebesar ukuran lemari es-minibar.
7)      PDP 11
8)      HONEYWELL 200
9)      RCA
10)  SPECTRA 70.
11)  PDC 808: Komputer uang diperkenalkan pada tahun 1968 ini merupakan komputer pertama yang digunakan untuk otomatisasi. PDC 808 memiliki 4 KB memory dan 8 bit core memory.
12)  DG-Nova (Data General Corp. Nova) Nova adalah komputer mini 16 bit pertama dirancang oleh Edson de Castro dari DG (Data General). IC yang digunakan berjenis MSI (Medium-Scale Integrated Circuits). DG sendiri adalah perusahaan yang didirikan oleh mantan karyawan DEC yang tidak puas dengan kebijakan perusahaan. DG membuat Nova pada tahun 1969. Rancangannya mirip dengan PDP-8 dengan kemampuan yang lebih baik. Kesuksesan Nova diikuti oleh penurusnya yaitu Supernova. Sistem operasi yang digunakan untuk menjalankan Nova adalah DOS dan RDOS. Perangkat lunak yang jalan pada Nova adalah Algol 60 compiler, Fortran IV, dan Basic.
13)  Burroughs 5700
14)  Burroughs 6700
15)  Burroughs 7700
16)  NCR seri Century
17)  GE 600
18)  GE 235
19)  CDC 3000
20)  CDC 6000
21)  CDC 7000

                                 5.         Terapan Komputer Generasi Ketiga
-Komputer IBM 360 pernah digunakan untuk program luar angkasa Amerika yang diluncurkan pada tanggal 7 April 1964 yang diciptakan oleh arsitektur Gene Amdahl dengan menyebutnya sebagai IMB System 360 secara khusus kemudian dirancang untuk tujuan komersil dan menandai tren computer untuk menggunakan IC atau chip
-PDP (Programable Data Processor 8) dari DEC yang dirilis pada tahun 1965 diterapkan terhadap aplikasi pengendalian produksi, riset laboratorium dan komunikasi data


https://noermazidah.wordpress.com/2017/05/09/tugas-makalah-sejarah-perkembangan-komputer-generasi-ketiga/
https://plugdream.blogspot.com/2017/04/makalah-generasi-komputer-1-sampai-5.html
http://41515010064.blog.mercubuana.ac.id/2016/03/08/sejarah-perkembangan-komputer/
https://dosenit.com/ilmu-komputer/komputer-dasar/komputer-generasi-ketiga
http://sarirouti.blogspot.com/2016/07/sejarah-perkembangan-komputer-beserta.html
https://meeimas.wordpress.com/abcd/
http://mti.binus.ac.id/2018/06/22/computer-evolution/
https://martitina02.wordpress.com/2017/05/08/komputer-generasi-ketiga/
https://cokagung.staff.telkomuniversity.ac.id/files/2015/08/Note-Sistem-Komputer-Ganjil_2015_2016.pdf



(Power Point) Sistem Teknologi Informasi: Komputer Generasi Ketiga
Dapat dilihat dan didownload disini

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cara download:
1. Klik tulisan 'disini' di atas
2. Silang laman yang tidak perlu, tunggu loading sebentar
3. Tekan 'Skip Ad'
4. Download file drive di tanda unduh (panah ke bawah ↓) di pojok kanan atas laman google drive
5. Selesai, tinggal cek di folder download

❤❤❤ 
@finasaadha

You May Also Like

0 comment

What do you think about this post?